Pemkab Bantul memberdayakan sektor pertanian atasi kemiskinan

id Bupati Bantul

Pemkab Bantul memberdayakan sektor pertanian atasi kemiskinan

Bupati Bantul Suharsono (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Suharsono mengatakan bahwa pemerintah kabupaten akan memberdayakan sektor pertanian di daerah ini sebagai salah satu strategi dalam mengatasi kemiskinan yang masih menjadi perhatian pemerintah.

"Kesenjangan dan kemiskinan menjadi tantangan dan tugas besar kita bersama, salah satu strategi yang kita jalankan untuk mengentaskan kemiskinan adalah pemberdayaan di sektor pertanian," kata Bupati Suharsono di Bantul, Jumat.

Pemberdayaan pada sektor pertanian di Bantul menurutnya merupakan langkah strategis karena mayoritas penduduk Bantul terutama yang tinggal di wilayah perdesaan memiliki mata pencaharian sebagai petani atau bercocok tanam.

"Sebagian besar penduduk yang miskin di pedesaan adalah petani dan pendapatan utamanya lebih dari 70 persen berasal dari sektor pertanian," kata Bupati.

Untuk itu, orang nomor satu di Bantul itu meminta organisasi perangkat daerah (OPD) terkait dalam hal ini Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Bantul membuat inovasi atau terobosan lewat program yang dapat meningkatkan pendapatan petani.

Bupati mengatakan, hal itu sebagai implementasi semangat 'Makarya Mbangun Desa Menuju Masyarakat Sehat Cerdas dan Sejahtera' sesuai visi yang digaungkan Bupati dalam mewujudkan pembangunan Bantul yang lebih baik.

"Lakukan program-program konkret yang bersentuhan langsung dengan petani, yang dapat dijadikan sebagai solusi permanen untuk menekan angka kemiskinan khususnya di desa, serta menjadi ujung tombak untuk mengangkat kesejahteraan petani," katanya.
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar