PMI DIY sebut stok darah aman hingga malam tahun baru

id pmi,stok darah,yogyakarta

PMI DIY sebut stok darah aman hingga malam tahun baru

Stok darah di PMI Yogyakarta. (FOTO ANTARA)

Yogyakarta (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memastikan stok darah di wilayah setempat aman hingga menjelang malam pergantian tahun.

"Stok darah saat libur tahun baru di lima kabupaten/kota di Yogyakarta aman terkendali," kata Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi PMI DIY Warjiyani di Yogyakarta, Senin.

Menurut Yani, meski di Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta permintaan darah golongan A cukup tinggi, namun persediaannya hingga saat ini masih dapat terpenuhi. "Di Bantul agak berkurang stoknya terutama untuk golongan O, tetapi secara umum persediannya aman," ujar dia.

Dia menambahkan, meski persediaan darah mencukupi, masyarakat tetap diimbau melakukan donor darah khususnya yang sudah waktunya memasuki masa donor darah.

Per 30 Desember 2019, stok darah di DIY sebanyak 717 kantong darah. Terdiri atas 317 kantong darah di Kota Yogyakarta, di Kulon Progo 108 kantong darah, Bantul 106 kantong darah, Sleman 61 kantong darah, dan Gunung Kidul 125 kantong darah.

"Tetap menghimbau ke pendonor yang udah waktunya donor sudah 60 hari untuk donor," kata dia.

Selain menjamin persediaan darah, menurut dia PMI DIY juga menyiagakan 316 personel, 22 ambulans dan 6 motor first responder untuk libur Tahun Baru 2020.

PMI Kota Yogyakarta membuka Posko di Markas PMI Kota Yogyakarta dan berkeliling menggunakan ambulans pada 31 Desember hingga 1 Januari 2020.

Sementara itu, PMI Kabupaten Sleman mendirikan 10 Pos Pelayanan Ambulans dan Pertolongan Pertama yakni Pos Markas PMI Kabupaten Sleman, Pos Dalem Agung Palagan, PMI Kecamatan Turi, PMI Kecamatan Ngemplak, PMI Kecamatan Tempel, PMI Kecamatan Pakem, PMI Kecamatan Depok, PMI Kecamatan Godean, PMI Kecamatan Gamping dan PMI Kecamatan Berbah.

"Saat perayaan Tahun Baru tanggal 31 Desember sampai 2 Januari 2019 akan melakukan mobil keliling ke berbagai tempat keramaian di Kabupaten Sleman," ujar dia.

Menurut dia, kegiatan yang sama di PMI Kabupaten Bantul, pada perayaan Tahun Baru 2020 akan menyiagakan empat titik pos yakni Pantai Parangtritis TPR, Pertigaan Ngangkruk Sari Kretek Bantul, sepanjang pantai jalur lintas Selatan juga titik-titik keramaian dan Watu Amben Piyungan. PMI Kabupaten Bantul juga melibatkan PMI Kecamatan di antaranya Kasihan, Kretek, Imogiri, Sanden dan Piyungan.

Posko PMI Kabupaten Kulon Progo mengerahkan sekitar 20 personel. Pada 30 Desember 2019 hingga 2 Januari 2020 akan berkeliling ke berbagai objek wisata maupun tempat keramaian di wilayah Kulon Progo seperti di Pantai Trisik, Glagah, Congot, Sentolo, Jalan Daendels.

Sedangkan PMI Kabupaten Gunungkidul sejak 28 Desember hingga 5 Januari 2019 berkeliling ke berbagai objek wisata dan titik-titik keramaian di Gunungkidul.