Pemkab Gunung Kidul melantik 55 kepala desa terpilih 2019

id Pelantikan kepala desa,Gunung Kidul

Pemkab Gunung Kidul melantik 55 kepala desa terpilih 2019

Bupati Gunung Kidul Badingah melantikan 55 kepala desa terpilih dalam Pilkades serentak 2019. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Gunung Kidul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta melantik 55 kepala desa yang terpilih dalam Pemilihan Kepala Desa Serentak 2019.
 
"Jabatan adalah amanah dari Tuhan Yang Maha Kuasa, maka seorang kepala desa dituntut mampu mengemban amanah tersebut dengan sebaik-baiknya,” kata Bupati Gunung Kidul Badingah dalam sambutnya di Gunung Kidul, Selasa.

Ia mengatakan kepala desa memiliki peran sentral sebagai motor penggerak pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat di desa, serta pengayom seluruh warga masyarakat tanpa diskriminasi.

"Untuk itu, kami mengajak kepada semua elemen masyarakat dan lembaga desa yang ada untuk sepenuhnya mendukung," katanya.

Badingah meminta program kerja kepala desa hendaknya selaras dengan cita-cita untuk mewujudkan Gunung Kidul sebagai daerah tujuan wisata yang terkemuka dan berbudaya, menuju masyarakat yang berdaya saing, maju, mandiri dan sejahtera.

"Kami minta kepala desa juga inovatif membuat program pemberdayaan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Ia juga mengapresiasi tingkat partisipasi masyarakat Kabupaten Gunung Kidul menggunakan hak pilih dalam pemilihan kepala desa serentak tahun ini yang cukup tinggi.

Rata-rata mencapai 78,11 persen, bahkan di desa Ngloro Kecamatan Saptosari mencapai 90,23 persen dari daftar pemilih tetap (DPT). Badingah mengingatkan, tahun depan masuki pemilihan umum kepala daerah serentak.

Tahapan awal dan euforianya sudah dapat kita rasakan saat ini, sehingga saya mohon agar para kepala desa terlantik, betul-betul memahami aturan main sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

"Salah satu yang perlu diperhatikan yaitu prinsip netralitas dan profesionalitas kepala desa dalam pilkada, yang ditunjukkan dalam sikap dan pengambilan kebijakan dengan mengedepankan etika demokrasi maupun peraturan perundangan yang berlaku," pesannya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKBPMD) Kabupaten Gunung Kidul Sujoko juga mengucapkan selamat kepada kades terlantik.

"Semoga dapat menjalankan tugas dengan amanah," katanya.