300 ribu wisatawan kunjungi Bantul selama libur akhir tahun

id bantul,wisatawan,libur akhir tahun

300 ribu wisatawan kunjungi Bantul selama libur akhir tahun

Pengunjung objek wisata Pantai Parangtritis di Kabupaten Bantul, DIY saat liburan (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menyebut sebanyak sekitar 300 ribu wisatawan dari berbagai daerah mengunjungi destinasi wisata di wilayah ini selama liburan panjang bertepatan dengan libur sekolah, Natal dan akhir tahun 2019.

"Musim liburan kemarin menghitungnya sejak 21 Desember yang ada libur Natal dan malam Tahun Baru atau sampai 31 Desember itu kunjungan wisatawannya kurang lebih ada 300 ribuan orang dengan pendapatan sebesar Rp3 miliar," kata Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo di Bantul, Kamis.

Menurut dia, objek wisata yang masih menjadi destinasi favorit wisatawan adalah Pantai Parangtritis yang menjadi satu kawasan dengan Pantai Depok, kemudian wilayah pantai sebelah barat mulai dari Pantai Gua Cemara, Pantai Kuwaru dan Pantai Baru yang menjadi satu kawasan.

"Seperti kunjungan wisatawan pada malam tahun baru (31 Desember) khusus di Pantai Parangtritis lebih dari 25 ribu orang, dan tentu dari sisi pendapatan retribusi sangat bagus, sehingga untuk di wisata Bantul trennya baik kunjungan maupun pendapatan cukup bagus," katanya.

Bahkan, kata dia, jika melihat target pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata Bantul yang dicanangkan pemda selama Desember yang banyak musim liburan, realisasinya melampaui target, sehingga itu menjadi bukti kalau pariwisata di Bantul miliki prospek yang bagus.

"Selama Desember kemarin target pendapatannya sebesar Rp2,6 miliar atau minimal 260 ribu kunjungan, namun untuk musim liburan akhir tahun saja sudah dapat Rp3 miliar, makanya terjadi kenaikan signifikan dari yang ditargetkan," katanya.

Berdasarkan data kunjungan wisata pada Desember 2019, lonjakan pengunjung di wilayah Bantul terjadi selama sepekan terakhir jelang akhir tahun atau mulai cuti bersama 24 Desember dengan rata-rata pengunjung di atas 20 ribu orang, kemudian pada libur Natal mencapai sekitar 50 ribu orang.

Sementara itu, dia mengatakan, total kunjungan wisatawan ke semua destinasi Bantul selama satu tahun pada 2019 mencapai sebanyak 3,38 juta orang dengan total pendapatan sebesar Rp31,7 miliar, untuk kunjungan terbanyak di kawasan Pantai Parangtritis sebanyak 2,7 juta dengan pendapatan sebesar Rp26,3 miliar.

"Kalau target pendapatan kita di 2019 sebesar Rp28,2 miliar, tetapi pendapatannya mencapai Rp31,7 miliar, jadi realisasinya di atas target. Kalau dibanding pendapatan pada 2018 yang Rp29,5 miliar ada kenaikan Rp2,7 miliar, sedangkan dibanding dengan target ada kenaikan Rp3,5 miliar," katanya.


 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024