Sebanyak 20.583 wisatawan kunjungi Monjali selama libur Natal dan Tahun Baru

id monjali,monumen jogja kembali,wisatawan,tahun baru

Sebanyak 20.583 wisatawan kunjungi Monjali selama libur Natal dan Tahun Baru

Diorama di Monumen Jogja Kembali (Monjali). (ANTARA)

Yogyakarta (ANTARA) - Pengelola objek wisata Monumen Jogja Kembali (Monjali) di Kabupaten Sleman mencatat sebanyak 20.583 wisatawan mengunjungi museum sejarah perjuangan Indonesia itu selama momentum libur Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

"Rata-rata kunjungan per harinya (selama Natal dan Tahun Baru 2020) 2.000 pengunjung," kata Kepala Bagian Umum Monjali Yudi Pranowo di Yogyakarta, Senin.

Menurut Yudi, museum sekaligus wahana rekreasi itu masih banyak diminati wisatawan baik kategori keluarga maupun rombongan sekolah dari berbagai daerah.

Meski jumlah pengunjung saat libur akhir tahun relatif sama dibandingkan tahun lalu, namun kata dia, jika diakumulasi selama satu tahun, jumlahnya ada penurunan.

"Saat libur Natal-Tahun Baru (pengunjungnya) dominan keluarga. Ada juga rombongan sekolah tapi tidak banyak," kata dia.

Untuk menarik minat wisatawan, saat menyambut Tahun Baru 2020, Monumen Jogja Kembali menggelar hiburan musik electone diarea halaman museum. Sedangkan khusus malam pergantian tahun, Taman Pelangi yang berada di kompleks museum juga menggelar LED dance, fire dance, music, lampion terbang dan ditutup pesta kembang api.

Meski kunjungan meningkat, tarif tiket masuk Monjali hingga saat ini tidak ada kenaikan atau masih tetap Rp10.000 per orang, baik untuk wisatawan domestik maupun mancanegara.

Dia menyebutkan jumlah koleksi benda bersejarah yang ada di Monjali hingga saat ini belum ada penambahan, yakni sekitar 1.000 koleksi.

Berbagai koleksi itu termasuk diorama andalan yang secara keseluruhan menggambarkan situasi saat perang kemerdekaan sekitar 1945-1949 hingga Yogyakarta menjadi Ibu Kota Republik Indonesia.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar