Anggota DPR Vita Ervina ajak masyarakat merawat lingkungan hidup

id dpr,vita ervina

Anggota DPR Vita Ervina ajak masyarakat merawat lingkungan hidup

Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Vita Ervina (kiri) dan Kepala BPDASHL Serayu Opak Progo Sri Handayaningsih menanam bibit pohon (HO-Dok. pribadi)

Yogyakarta (ANTARA) - Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Vita Ervina mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam merawat kelestarian kawasan hutan dan lingkungan hidup.  

Sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap kelestarian kawasan hutan dan lingkungan hidup, Vita Ervina dalam kegiatan reses di daerah pemilihannya di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Senin (6/1), melakukan penanaman pohon produktif atau lebih dikenal dengan Gerakan Menanam Pohon.

"Wonosobo sebagai daerah yang secara geografis berada di dataran tinggi dan pegunungan memiliki potensi yang cukup besar akan terjadinya longsor dan banjir bandang. Melalui gerakan menanam pohon ini harapannya dapat memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya keberlangsungan hutan serta mampu memberdayakan masyarakat melalu tanaman produktif, " kata Vita Ervina.

Dalam gerakan menanam pohon ini, bibit pohon yang ditanam beragam jenisnya, di antaranya sengon, jati, akasia, durian, jambu air, dan alpukat.

Kegiatan yang dipusatkan di Desa Krasak Kecamatan Selomerto Wonosobo dihadiri seluruh pemangku kepentingan di Kabupaten Wonosobo, yakni Kepala BPDASHL Serayu Opak Progo Sri Handayaningsih dan beberapa anggota DPRD Kabupaten Wonosobo serta perangkat desa dan anggota dari beberapa kelompok tani.

Vita Ervina menyatakan selain untuk menjaga kelestarian kawasan hutan dan menjaga kesehatan lingkungan, penanaman pohon ini juga untuk mengoptimalkan potensi sumberdaya alam.

Di lokasi Desa Krasak yang menjadi satu titik kunjungan, sejak lama sudah dikenal sebagai daerah penghasil durian dengan kualitas yang sangat baik.

"Dengan pemberian bantuan bibit durian ini, kita harapkan desa ini bisa dijadikan sentra durian yang mampu meningkatkankesejahteraan masyarakat," kata Vita Ervina.

Sementara itu, Kepala BPDASHL Serayu Opak Progo Sri Handayaningsih menjelaskan gerakan menanam pohon sangat baik dikerjakan bersama masyarakat. Apalagi pohon yang ditanam jenis produktif.

Dengan gerakan menanam pohon hari ini, kata dia, dapat menjaga kualitas hulu DAS Serayu yang  menjadi sumber kehidupan bagi Kabupaten Wonosobo dan daerah yang berada di bawahnya.

"DAS Serayu menjadi salah satu dari 15 DAS penting nasional yang harus dipulihkan, sehingga menjadi sangat penting untuk menjaga lahan yang sudah baik dan memulihkan lahan kritis di Wonosobo untuk mendukung kehidupan," kata Sri Handayaningsih.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024