Masyarakat diimbau waspadai kanker paling sering menyerang

id Kanker,Kementerian Kesehatan,kesehatan

Masyarakat diimbau waspadai kanker paling sering menyerang

Meski tidak menyebabkan penurunan berat badan, konsumsi buah dan sayur memberikan pasokan vitamin dan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh. (ANTARA/Wikimedia Commons)

beberapa jenis kanker paling banyak ditemui adalah kanker serviks, kanker payudara, kanker darah, kanker paru, dan kanker usus.

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kesehatan mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai penyakit kanker yang paling sering menyerang manusia baik pria, wanita, dan anak-anak.

Dalam siaran pers Kementerian Kesehatan yang diterima di Jakarta, Selasa, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan Cut Putri Arianie menjelaskan beberapa jenis kanker paling banyak ditemui adalah kanker serviks, kanker payudara, kanker darah, kanker paru, dan kanker usus.

Cut menjelaskan beberapa faktor risiko kanker yakni usia, jenis kelamin atau keturunan, dan ras atau etnik di beberapa negara.

Kanker serviks dan payudara paling banyak dialami oleh perempuan, sementara kanker paru dan kanker usus atau kolorektal paling sering diderita oleh laki-laki, sementara kanker darah atau leukimia banyak dialami oleh anak-anak.

“Namun bisa dicegah dengan mengubah perilaku menjadi lebih sehat seperti berhenti merokok, olahraga rutin, dan perbanyak makan buah dan sayur,” kata Cut.

Baca juga: Kelola stres agar terhindar dari penyakit autoimun

Jumlah angka kematian akibat kanker di dunia pada 2018 berjumlah 9,6 juta kasus. Sementara di Indonesia di tahun yang sama sebanyak 207.210 kasus.

“Angka kematian kalau direfleksikan dengan pembiayaan kesehatan cukup tinggi. Besar pembiayaan JKN untuk kanker tahun 2018 sebesar Rp3,41 triliun. Selain itu juga 70 persen kasus di Indonesia diketahui setelah stadium lanjut,” kata Cut.

Dalam penanggulangan kanker, Kemenkes menekankan pada empat pilar penanganan. Pilar pertama terkait promosi kesehatan, yakni melalui edukasi kesehatan kepada masyarakat khususnya terkait pencegahan kanker.

Cut mengatakan pilar kedua penanggulangan kanker terkait dengan deteksi dini. Orang yang merasa tubuhnya sehat namun tetap harus cek kesehatan secara berkala ke fasilitas layanan kesehatan.

Baca juga: Rutin berolahraga bisa kurangi risiko tujuh kanker

Pilar ketiga yaitu perlindungan khusus seperti vaksinasi untuk mencegah kanker yang bisa diakibatkan oleh virus. “Vaksinasi kanker baru ada untuk kanker serviks. Vaksin ini diberikan pada anak perempuan usia 11-12 tahun,” katanya.

Pilar keempat yaitu dengan pengobatan atau kuratif melalui memperkuat rumah sakit dengan kelengkapan fasilitas dan alat kesehatan serta menyediakan dokter yang mumpuni.
 

Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024