Asman Abnur deklarasi maju sebagai calon Ketua Umum PAN 2020-2025

id PAN,Asman Abnur,kandidat caketum PAN, ketua umum PAN

Asman Abnur deklarasi maju sebagai calon Ketua Umum PAN 2020-2025

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Bima Arya (kiri) dan Asman Abnur (kanan) ditemui dalam rakernas PAN di Hotel Milenium, Jakarta, Sabtu (7/12/2019) (ANTARA News/Fathur Rochman)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Umum DPP PAN Asman Abnur mendeklarasikan diri maju dalam kontestasi calon Ketua Umum DPP PAN periode 2020-2025, dalam Kongres V PAN pada Februari 2020.

"Setelah ditetapkan tanggal dan lokasi Kongres 2020 secara resmi dan terbuka, saya Asman Abnur menyatakan maju sebagai kandidat calon Ketua Umum DPP PAN," kata Asman dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat.

Dia menjelaskan alasannya maju sebagai caketum PAN antara lain pengalaman politiknya selama 20 tahun yang dinilainya cukup matang untuk memimpin PAN lima tahun kedepan.



Dia mengatakan karir politiknya dimulai dari awal yaitu tahun 2001 menjadi anggota DPRD Kota Batam, jadi Wakil Wali Kota Batam, dan tahun 2004 menjadi anggota DPR RI hingga saat ini.

"Di sela itu, saya sempat menduduki jabatan kabinet menjadi Menteri PAN RB tahun 2016 sampai 2018, saya menggeluti tugas tata kelola pemerintahan, manajemen pemerintahan, kemudian saya memunculkan beberapa program yang memperbaiki sistem birokrasi, mulai dari sistem rekrutmen PNS, sampai sistem pensiun, sampai penempatan jabatan tinggi di pemerintahan," ujarnya.

Kedua menurut dia, dirinya ingin menerapkan tata kelola partai secara sistematis sehingga masing-masing unit di PAN menjadi produktif dan itu merupakan program terobosan yang akan dilakukannya dalam lima tahun kedepan.

Asman mengatakan semangat yang disampaikannya adalah semangat persaudaraan yang akan menjadi fokus utamanya kedepan.



"Kita tahu DPW dan DPD PAN di seluruh Indonesia adalah para ujung tombak partai maka dengan tata kelola yang baik, mereka menjadi calon pemimpin di daerahnya masing-masing yang punya kompetensi," tuturnya.

Menurut dia, sebenarnya dirinya sudah melakukan kunjungan ke daerah-daerah sejak lama untuk sosialisasi terkait rencana pencalonannya sebagai Ketum PAN 2020-2025.

Namun dia mengatakan, dirinya baru mendeklarasikan diri pada saat ini setelah pengumuman resmi tempat dan tanggal penyelenggaraan Kongres PAN 2020 yaitu di Kendari, Sulawesi Tenggara pada 10-12 Februari 2020.
 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar