UPN Veteran Yogyakarta wisuda 518 lulusan

id upn veteran yogyakarta,wisuda

UPN Veteran Yogyakarta wisuda 518 lulusan

Rektor UPNVY Mohamad Irhas Effendi saat memimpin upacara wisuda 518 lulusan (HO-Humas UPNVY)

Yogyakarta (ANTARA) - UPN Veteran Yogyakarta (UPNVY) mewisuda sebanyak 518 lulusan pada upacara wisuda semester genap tahun akademik 2019/2020 di Gedung Auditorium, Kampus UPNVY, Sabtu (18/1).

Lulusan yang diwisuda itu berasal dari program diploma 1 lulusan, program sarjana 443 lulusan, dan program magister 62 lulusan.
 
Rektor UPNVY Mohamad Irhas Effendi saat memimpin upacara wisuda mengatakan, dari 518 wisudawan, terdapat 32 persen atau sekitar 163 wisudawan lulus dengan pujian atau cumlaude. Selain itu, juga ada 10 wisudawan yang mendapat karya cendekiawan.

Rektor berharap para lulusan UPNVY memiliki ciri khusus yaitu sinergi paradigma baru tridarma pendidikan dan bela negara untuk mewujudkan sumber daya manusia (SDM) unggul.

"Tema itu diambil karena memasuki revolusi industri 4.0 butuh paradigma baru dalam pembelajaran, penelitian, dan pengimplementasian," kata Irhas.

Selain itu, UPNVY juga mempunyai visi nilai-nilai bela negara dan cinta Tanah Air. Salah satunya melalui Program Studi Manajemen Kebencanaan yang berada di bawah Fakultas Teknologi Mineral.

"Program studi itu akan memiliki perhatian besar terhadap kebencanaan, karena Indonesia merupakan daerah rawan bencana," tutur Irhas.

Menurut Irhas, UPNVY juga memiliki Pusat Studi Manajemen Bencana. Untuk meningkatkan visinya, UPNVY menjalin kerja sama dengan Chunbook National University dari Korea Selatan. Hal itu merupakan bagian dari implementasi bela negara.

Kasubag Kerja Sama dan Humas UPNVY Markus Kusnardijanto mengatakan ada hal yang mendapat perhatian khusus dari peserta wisuda kali ini, yaitu 1 lulusan dari program magister meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sempurna 4,00. 

"Peraih IPK sempurna itu adalah Tata Susila dari Program Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis," katanya.

Markus menambahkan wisudawan program sarjana yang meraih IPK tertinggi ada 3 orang, dengan IPK 3,94.

Tiga wisudawan itu adalah Anicha Eka Safitri dari Prodi Ekonomi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Garin Nurani Dian Pitaloka dari Prodi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan Khanshadella Guska Dara dari Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian. 

Sedangkan wisudawan program diploma, IPK tertinggi diraih Carel Sukmana Adi dari Prodi Diploma Teknik Kimia dengan IPK 3,61.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar