Iriawan : Promosi-degradasi pemain timnas U-19 dilakukan berkala

id mochamad iriawan,pssi,timnas u19,shin taeyong

Iriawan : Promosi-degradasi pemain timnas U-19 dilakukan berkala

Ketua Umum PSSI Komjen Pol. Mochamad Iriawan (baju putih merah) berdoa bersama dengan tim nasional U-19 yang akan menjalani pemusatan latihan di Thailand pada 20 Januari-1 Februari 2020, di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (20/1/2020). ANTARA/Michael Siahaan

Tangerang (ANTARA) - Ketua Umum PSSI Komjen Pol. Mochamad Iriawan mengatakan, promosi dan degradasi para pemain tim nasional Indonesia U-19 akan dilakukan secara berkala.

"Jumlahnya masih bisa bertambah atau berkurang. Ini tentu menjadi perhatian pelatih," ujar Iriawan, di sela pelepasan tim nasional U-19 menuju Thailand untuk menjalani pemusatan latihan (TC), di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin.

Mantan Kapolda Metro Jaya itu menambahkan performa timnas U-19 akan dipantau dengan saksama selama pemusatan latihan maupun pertandingan-pertandingan uji coba.

PSSI, lanjut Iriawan, hanya memilih pemain terbaik dari yang terbaik. Sebab, mereka nantinya diproyeksikan untuk berlaga di Piala Dunia U-20 tahun 2021.



"Kami mau yang terbaik dari yang terbaik agar mampu memberikan perlawanan kepada negara-negara lain di Piala Dunia U-20," kata dia menambahkan.

Saat ini, timnas U-19 yang berangkat ke Thailand untuk mengikuti TC dan latihan uji coba pada 20 Januari-1 Februari beranggotakan 28 pemain.

Namun, jumlah itu belum termasuk para pemain Garuda Select yang saat ini tengah berada di Italia.

Seperti diketahui, ada enam pemain Garuda Select yang sejatinya dipanggil untuk seleksi timnas U-19 yaitu Risky Muhammad, Brylian Aldama, David Maulana, Fajar Fatur, Bagus Kahfi dan Andre Oktaviansyah.

"Semoga nantinya tim inti terbentuk dari perpaduan pemain yang ada saat ini dan Garuda Select," tutur Iriawan.

Sementara asisten manajer pelatih timnas Indonesia Indra Sjafri mengamini promosi-degradasi pemain timnas U-19.

Artinya, belum ada pemain yang benar-benar aman posisinya di skuat.

"Ini baru awal kami membangun tim," ujar Indra, yang bersama Shin Tae-Yong turut mendampingi timnas U-19 ke Thailand.

Sebelum berkompetisi di Piala Dunia U-20 2021, pada 2020, timnas U-19 Indonesia akan mengikuti Piala AFF U-19, yang waktunya belum ditentukan, dan Piala Asia U-19 2020 di Uzbekistan, 14-31 Oktober.
 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024