UMY inisiasi lahan pekarangan untuk peningkatan gizi keluarga

id umy

UMY inisiasi lahan pekarangan untuk peningkatan gizi keluarga

Penyerahan bibit tanaman buah dari Tim PKM UMY kepada perwakilan petani di Desa Terong (HO-Humas UMY)

Yogyakarta (ANTARA) - Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menginisiasi pemanfaatan lahan pekarangan untuk peningkatan gizi keluarga di Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Kawasan Dlingo adalah kawasan yang sedang berkembang, termasuk Desa Terong. Di desa ini, banyak warganya yang berprofesi sebagai petani. Dengan posisi daerah yang berada di daerah dataran tinggi, desa ini memiliki potensi dalam sektor pertanian perkebunan," kata Ketua Tim PKM UMY Zuhud Rozaki PhD di Kampus UMY, Senin.

Seperti daerah lain yang masuk pada kategori perdesaan, mayoritas warga memiliki lahan pekarangan, baik berada di depan rumah maupun di belakang rumah. Banyak dari lahan pekarangan tersebut belum dimanfaatkan secara optimal, mengingat dari sisi inisiatif dan sumberdaya yang terbatas terkait pemanfaatan lahan pekarangan.

"Oleh karena itu, perlu ada upaya pemanfaatan lahan pekarangan yang selama ini belum termanfaatkan. Selain bisa bernilai ekonomi, juga bisa meningkatkan gizi atau kesehatan keluarga yang pekarangannya dimanfaatkan untuk tanaman buah," kata Zaki, sapaannya.

Menurut dia, Tim PKM melakukan penyuluhan kepada masyarakat di Desa Terong. Penyuluhan ini tentang pemanfaatan lahan pekarangan dengan penanaman pepaya California dan alpukat untuk mendukung upaya peningkatan gizi keluarga.

"Kandungan gizi yang cukup banyak dimiliki oleh tanaman buah contohnya dari pepaya California dan alpukat," kata Zaki didampingi Arie Paksi PhD.

Zaki menuturkan, dalam kegiatan yang dilaksanakan di Dukuh Pancuran dan Dukuh Terong pada 1, 15 dan 16 Januari 2020, dibagikan bibit pepaya California sebanyak 140 batang dan bibit alpukat sebanyak 100 batang.

"Harapannya dengan termanfaatkannya lahan pekarangan untuk tanaman buah yang kaya gizi, masyarakat bisa meningkatkan gizi keluarga dan bisa membantu ekonomi keluarga melalui penjualan hasil tanaman buah itu," kata Zaki.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar