Pengunjung Kebun Buah Mangunan Bantul turun 20 persen

id Arah kebun buah Mangunan,bantul

Pengunjung Kebun Buah Mangunan Bantul turun 20 persen

Petunjuk arah menuju kawasan wisata Kebun Buah Mangunan dan wisata alam lainnya (Foto ANTARA/Hery Sidik)

penurunan kunjungan wisatawan ke Kebun Buah Mangunan selama dua tahun terakhir disebabkan beberapa faktor, di antaranya kurangnya inovasi dalam menumbuhkan daya tarik wisatawan, juga pertumbuhan pariwisata dengan konsep pemandangan alam.
Bantul (ANTARA) - Kunjungan wisatawan ke Kebun Buah Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengalami penurunan sekitar 20 persen selama 2019 dibanding kunjungan ke destinasi perbukitan tersebut pada 2018.

"Ada penurunan kunjungan, pada  2019 pengunjung sebanyak 274.193 orang dengan pendapatan asli daerah (PAD) sekitar Rp1,5 miliar, sementara pada 2018 sebanyak 339.510 orang dengan PAD sebesar Rp2 miliar," kata Kepala Bidang Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Bantul Imawan Ekohandrianto di Bantul, Selasa.

Menurut dia, Kebun Buah Mangunan yang terletak di perbukitan Dlingo merupakan kawasan agrowisata yang dikelola Dinas Pertanian dengan menawarkan aneka tanaman buah-buahan lokal dan pemandangan wilayah selatan Bantul dari atas bukit.

Baca juga: DPPKP: Musim tanam padi di Bantul mundur tiga bulan

Imawan mengatakan, penurunan kunjungan wisatawan ke Kebun Buah Mangunan selama dua tahun terakhir disebabkan beberapa faktor, di antaranya kurangnya inovasi dalam menumbuhkan daya tarik wisatawan, juga pertumbuhan pariwisata dengan konsep pemandangan alam.

"Kalau sebelum tahun 2018 saya kurang memantau, karena saya belum menangani. Namun (penurunan) itu bisa karena ada persaingan bisnis wisata sekarang ini, kami juga akui kurang inovasi, inovasi memang ada, tetapi masih perlu ditingkatkan," katanya.

Menurut dia, apalagi saat ini di wilayah Dlingo terdapat berbagai objek wisata yang menawarkan pemandangan alam dari atas bukit, bahkan sebagian telah berkembang dan menjadikan salah satu tujuan wisatawan yang berkunjung ke Bantul.

Baca juga: Pemotongan sapi di RPH Bantul turun akibat kasus antraks Gunung Kidul

Oleh sebab itu, kata dia, ke depan pengembangan baik sarana pendukung wisata maupun keanekaragaman tanaman buah-buahan di Kebun Mangunan terus diupayakan, guna menonjolkan potensi agrowisatanya, sehingga wisatawan selain tertarik dengan pemandangan alam juga aneka tanaman buah.

"Keberadaan tanaman buah itu yang membedakan Kebun Buah Mangunan dengan wisata di Mangunan lainnya, makanya akan kami optimalkan. Kemudian juga mengenai petunjuk yang mengarah ke kebun buah perlu ditambah," katanya.
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024