Bulan Dana PMI Sleman 2019 berhasil menggalang dana Rp1,5 miliar lebih

id Bulan dana PMI

Bulan Dana PMI Sleman 2019 berhasil menggalang dana Rp1,5 miliar lebih

Ketua Bulan Dana PMI Sleman Sri Muslimatun bersama Bupati Sleman, Ketua PMI DIY GBPH Prabukusumo dan Ketua PMI Sleman Sunartono serta tim bulan dana PMI Sleman pada penutupan Bulan Dana PMI Sleman 2019 dan Pembukaan Bulan Dana PMI Sleman 2020. (Foto Antara/HO-Humas Pemkab Sleman).

Sleman (ANTARA) - Bulan Dana Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) periode 1 Juli hingga 31 Desember 2019 berhasil menggalang dana dari masyarakat sebesar Rp1,574 miliar lebih.

"Berdasarkan data yang masuk sampai dengan 31 Desember 2019 sumbangan dana dari beberapa lembaga mengalami peningkatan dalam Bulan Dana PMI ini.

Sehingga secara total terkumpul dana masyarakat sebesar Rp1,574 miliar lebih," kata Ketua Bulan Dana PMI Kabupaten Sleman 2019 Sri Muslimatun pada Penutupan Bulan Dana PMI Tahun 2019 dan Pembukaan Bulan Dana Tahun 2020 di Sleman, Selasa.

Menurut dia, lembaga yang mengalami peningkatan dalam pengumpulan dana diantaranya Samsat Sleman sebesar 49 persen, perguruan tinggi 305 persen, dinas 30 persen dan lainnya sebesar 320 persen.

"Sasaran Bulan Dana PMI Kabupaten Sleman 2019 dan 2020 adalah masyarakat Kabupaten Sleman, dimana dalam Bulan Dana PMI tahun 2019 pihak PMI menyediakan besaran kupon dari Rp2.000 sampai dengan Rp50.000 bagi 24 sasaran," jelasnya.

Ia menambahkan bahwa pada pelaksanaan kegiatan bulan dana PMI tahun 2020, PMI Kabupaten Sleman tidak menentukan target jumlah penerimaan sumbangan namun fokus pada target waktu pelaksanaan dengan efisiensi dan efektifitas pelaksanaan penarikan sumbangan.

"Kegiatan ini bertujuan untuk pengumpulan dana kemanusiaan dari masyarakat untuk mendukung pelayanan kepalangmerahan yang dilaksanakan oleh PMI Kabupaten Sleman," katanya.

Ketua PMI DIY, Gusti Bendoro Pangeran Haryo (GBPH) Prabukusumo menyampaikan bahwa dana yang telah terkumpul merupakan dana dari masyarakat.

Maka dari itu, PMI Kabupaten Sleman menyadari sepenuhnya bahwa penggunaan dana ini adalah kewajiban yang perlu dipertanggungjawabkan secara terpercaya dan melaporkannya kepada masyarakat.

"Dengan adanya acara ini serta bantuan dari pihak media, PMI Sleman dapat melaporkan kembali kepada masyarakat mengenai penggunaan dana tersebut," sebutnya.

Bupati Sleman, Sri Purnomo yang hadir menutup bulan dana PMI 2019 sekaligus membuka Bulan Dana PMI 2020 berharap pelaksanaan Bulan Dana PMI 2020 yang dikumpulkan dapat semakin meningkat dan lebih baik lagi dalam pelaksanaannya.

Terlebih pada 2020 ini Pemkab Sleman akan menyelenggarakan program Goes to Campus, dimana harapannya Sleman yang menjadi pusatnya perguruan tinggi di Yogjakarta diharapkan mendapatkan partisipasi yang baik dari mahasiswa.

"Karena itu, melalui program ini diharapkan mahasiswa juga dapat merasakan pelayanan PMI dan mencermati bahwa PMI melayani dengan baik bagi semua orang, siapapun itu tidak membeda-bedakan," lanjutnya.
 
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar