Petugas BPBD Bantul diminta tingkatkan kemampuan

id mitigasi bencana bantul,pemerintah bantul,bupati bantul

Petugas BPBD Bantul diminta tingkatkan kemampuan

Bupati Bantul Suharsono meminta seluruh personel terkait penanggulangan bencana meningkatkan kemampuan. (ANTARA/Hery Sidik)

Bantul, Daerah Istimewa Yogyak (ANTARA) - Bupati Bantul Suharsono meminta petugas terkait penanggulangan bencana, utamanya aparat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), terus meningkatkan kemampuan dan keterampilan supaya bisa lebih tanggap dan cepat dalam menjalankan tugas pada masa darurat bencana.

"Khusus kepada petugas yang ada di BPBD saya berharap agar senantiasa meningkatkan kemampuan dan keterampilan sehingga akan dapat bekerja secara profesional," kata Bupati di Bantul, Rabu.

"Saya juga berharap seluruh potensi siaga bencana dapat dimaksimalkan, terutama kelompok dan organisasi siaga bencana yang telah dibentuk di kecamatan dapat menjadi corong, mata dan telinga posko induk kabupaten," ia menambahkan.

Menurut dia, potensi bencana hidrometerologi seperti banjir, tanah longsor, dan angin kencang kemungkinan meningkat selama Desember dan Januari.

Ia juga meminta seluruh aparatur sipil negara dan TNI/Polri menjadi teladan bagi warga di lingkungan tempat mereka tinggal dalam menjaga kebersihan lingkungan.

"Dan juga mendorong masyarakat di sekitar agar bisa melakukan penanaman pohon yang dapat mencegah terjadinya longsor sekaligus mengedukasi masyarakat mengikat air tanah sebagai cadangan saat kemarau panjang tiba," katanya.

Bupati juga mengingatkan kepada semua lapisan masyarakat untuk memantau informasi seputar peringatan dini bencana dari lembaga berwenang seperti Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan BPBD.
 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024