Juve singkirkan Roma rebut tiket semifinal Coppa Italia

id Piala Italia,Juventus,AS Roma

Juve singkirkan Roma rebut tiket semifinal Coppa Italia

Bek AS Roma Chris Smalling (kiri) dan penyerang Juventus Cristiano Ronaldo berduel memperebutkan bola dalam pertandingan perempat final Coppa Italia, yang dimainkan di Stadion Allianz, Turin, Rabu (22/1/2020). (ANTARA/AFP/MARCO BERTORELLO)

Gol tersebut merupakan gol ke-13 Ronaldo dari sepuluh pertandingan kompetitif terakhirnya untuk Juventus.
Jakarta (ANTARA) - Juventus menyingkirkan AS Roma 3-1 untuk merebut tiket semifinal Coppa Italia dalam pertandingan perempat final Piala Italia di Stadion Allianz, Turin, Rabu setempat (Kamis dini hari WIB).

Bianconerri selanjutnya bertemu AC Milan atau Torino pada semifinal, demikian dilansir laman resmi kompetisi.

Ketiga gol Juve tercipta pada babak pertama yang disumbangkan oleh Cristiano Ronaldo (26'), Rodrigo Bentancur (38'), dan Leonardo Bonucci (45'). Sedangkan satu-satunya gol balasan Roma tercipta akibat gol bunuh diri Gianluigi Buffon (50').

AS Roma mengancam terlebih dahulu melalui Justin Kluivert, namun tembakannya belum merepotkan kiper Gianluigi Buffon. Justru Juve yang membuka keunggulan melalui serangan balik. Gonzalo Higuain mengirim bola panjang kepada Ronaldo di sisi kiri, dan penyelesaian sepakan kaki kiri pemain Portugal itu bersarang ke sudut bawah gawang Roma dari sudut sempit.

Baca juga: Napoli singkirkan Lazio dari Coppa Italia

Gol tersebut merupakan gol ke-13 Ronaldo dari sepuluh pertandingan kompetitif terakhirnya untuk Juventus.

Juve kembali meneror gawang tim tamu melalui sepakan melebar Danilo. Rodrigo Bentacur kemudian menggandakan keunggulan Boanconerri, saat ia mulai berlari dari lapangan tengah, bekerja sama dengan Douglas Costa, dan melakukan penyelesaian ke arah tiang jauh.

Pasukan Maurizio Sarri memastikan mereka menuju turun minum dengan keunggulan tiga gol. Dari situasi tendangan sudut, bola dapat disundul Leonardo Bonucci dengan mematahkan perangkap offside Roma. 3-0 untuk Juventus.

Roma memiliki dua peluang bagus untuk membuka babak kedua. Pertama melalui upaya solo Lorenzo Pellegrini yang masih dapat ditepis Gianluigi Buffon, dan selanjutnya sepakan Nikola Kalinic menyambut bola pantul yang belum tepat sasaran.

Baca juga: Inter MIlan taklukkan Cagliari 4-1

Beberapa saat kemudian, tiang gawang Roma bergetar saat Higuain menyundul bola kiriman Ronaldo dari sisi kanan.

Roma berusaha bangkit pada babak kedua, dan mereka mampu menguasai permainan. Tim ibukota akhirnya mampu menyamakan kedudukan saat sepakan Cengiz Under mengenai bagian bawah mistar gawang, membentur punggung Buffon dan masuk ke dalam gawang tuan rumah.

Giallorossi hampir mengubah skor menjadi 3-2 pada menit ke-56 saat operan Mancini mengarah akurat ke Florenzi di sisi kiri, namun Kali ini Buffon mampu keluar tepat waktu dari gawang untuk memblok bola dengan kakinya.

Sisa pertandingan berlangsung sengit. Sepakan voli Higuain menyambut umpan silang Cuadrado mengarah lurus ke kiper Pau Lopez. Di sisi lain, Daniele Rugani masih mampu menyundul bola untuk menggagalkan peluang Kalinic.

Aleksandar Kolarov berpikir ia telah mencetak satu gol hiburan bagi Roma, namun sundulannya masih dapat ditahan Buffon.



Susunan pemain:
Juventus
(4-3-3): Gianluigi Buffon, Danilo (Juan Cuadrado 41'), Leonardo Bonucci, Daniele Rugani, Alex Sandro, Rodrigo Bentancur, Miralem Pjanic, Adrien Rabiot (Blaise Matuidi 76'), Douglas Costa (Aaron Ramsey 67'), Gonzalo Higuain, Cristiano Ronaldo

AS Roma (4-2-3-1): Pau Lopez, Alessandro Florenzi (Jordan Veretout 68'), Gianluca Mancini, Chris Smalling, Aleksandar Kolarov, Bryan Cristante, Amadou Diawara (Bruno Peres 76'), Cengiz Under, Lorenzo Pellegrini, Justin Kluivert (Davide Santon 46'), Nikola Kalinic
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024