Nama dua calon wakil bupati Kulon Progo mencuat kepermukaan

id wakil bupati Kulon Progo,Kulon Progo

Nama dua calon wakil bupati Kulon Progo mencuat kepermukaan

Sekretaris Sekretariat Bersama Penjaringan Cawabup Kulon Progo Istana. Foto ANTARA/Sutarmi

Kulon Progo (ANTARA) - Dua nama calon wakil bupati Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, sisa masa jabatan 2017—2022 yang mendapat rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan mencuat ke permukaan dan tersebar di pesan berantai.

Dalam surat rekomendasi tertanggal 21 Januari 2020 disebutkan bahwa DPP PDI Perjuangan secara resmi mengusulkan Fajar Gegana dan Agus Langgeng Basuki sebagai calon tetap Wabup Kulon Progo. Surat rekomendasi tersebut ditandatangani Ketua DPP PDI Perjuangan Nusyirwan Soejono dan Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

"Saya belum mendapat surat rekomendasi secara tertulis, jadi saya belum bisa memberikan keterangan nama-nama tersebut," kata Sekretaris Sekretariat Bersama Penjaringan Cawabup Kulon Progo Istana di Kulon Progo, Kamis.

Sekretariat Bersama Penjaringan Cawabup Kulon Progo, kata Istana, masih menunggu surat rekomendasi yang resmi dari DPP PDI Perjuangan. Setelah itu, akan dibahas di sekber untuk menentukan langkah selanjutnya.

"Ya, kita tunggu saja. Setelah surat rekomendasi turun, kami akan segera bergerak cepat supaya kekosongan jabatan wakil bupati segera terisi," katanya.

Seperti diketahui kandidat Cawabup Kulon Progo sebanyak delapan orang, yakni Kepala Bappeda Kulon Progo Agus Langgeng Basuki, Kepala Desa Banjaroya Anton Supriyono; Wakil Ketua DPC PDIP Kulon Progo Fajar Gegana.

Berikutnya, mantan Ketua DPRD DIY dari PDIP Yoeke Indra Agung Laksana; calon anggota DPD DIY 2019 dari PDIP Fidelis I. Diponegoro; pengusaha asal Kecamatan Pengasih Bambang Ratmaka dan kontraktor dari Kecamatan Nanggulan Sumanto, keduanya tercatat sebagai kader PDIP; dan warga Kecamatan Samigaluh Eko Susanto.

Sementara itu, Bendahara Sekretariat Bersama Penjaringan Cawabup Kulon Progo Akhid Nuryati membenarkan surat tersebut. Namun, Akhid yang juga menjabat sebagai Bendahara DPC PDIP Kulon Progo enggan memberi keterangan lebih lanjut.

"Setelah surat rekomendasi diterima DPC PDI Perjuangan, akan diserahkan ke Setber. Kita tunggu saja," katanya.

Calon Wakil Bupati Kulon Progo Agus Langgeng Basuki saat dimintai tanggapan menyatakan belum menerima secara langsung surat rekomendasi tersebut.

Pada saat ini, dia memilih untuk mengikuti prosedur yang ada dan belum akan membicarakan langkah ke depan sebelum benar-benar ada kepastian.

"Saya menunggu tahapan selanjutnya saja karena ketentuannya 'kan memang masih ada rekomendasi dari partai pengusung lain," ujar Agus.

Sementara itu, Fajar Gegana mengatakan bahwa pengusungan dirinya sebagai calon tetap Wabup Kulon Progo merupakan sebuah penghormatan baginya.

"Itu sebuah penghormatan untuk seorang kader yang sudah ikut berjuang membesarkan dan memenangkan partai ini lebih dari 15 tahun," katanya.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024