Bupati meresmikan ruas jalan batas Kota Bantul usai dilebarkan

id Peremian Jalan Bantul

Bupati meresmikan ruas jalan batas Kota Bantul usai dilebarkan

Bupati Bantul Suharsono didampingi Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional 7 Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Ahmad Cahyadi menggunting pita peremian ruas jalan Klodran - Batas Kota Bantul (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta Suharsono meresmikan ruas jalan Klodran - Batas Kota Bantul usai dilebarkan oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional 7 Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Pada ruas jalan Yogyakarta - Kota Bantul ini sudah selesai kita laksanakan pelebaran dari dua lajur sekarang menjadi empat lajur," kata Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional 7 Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Ahmad Cahyadi disela peresmian di Bantul, Rabu.

Menurut dia, pelebaran ruas jalan Klodran yang menghubungkan pusat Kabupaten Bantul dengan Kota Yogyakarta ini merupakan inisiasi Bupati Bantul, sehingga pelaksanaan pekerjaan berjalan lancar dan bisa diselesaikan akhir 2019.

"Pelebaran jalan sepanjang kurang lebih 570 meter ini menelan biaya sebesar Rp5,4 miliar, dengan masa pelaksanaan dalam waktu 90 hari kalender dan Alhamdulillah dapat kita selesaikan pada 27 Desember 2019," katanya.

Ahmad menjelaskan, lingkup kegiatan pembangunan jalan batas kota Bantul tersebut antara lain membongkar pembatas samping, guna merubah fungsii jalur lambat menjadi jalur cepat, sehingga kapasitas jalan menjadi bertambah dengan adanya lajur baru.

"Untuk median tengah kami bangun dengan lebar 1,15 meter, dan telah kami tempatkan buis beton yang difungsikan sebagai pot tanaman dan lampu PJU (penerangan jalan umum) lengan ganda sebanyak 12 unit," katanya.

Selain itu, trotoar di ruas jalan tersebut direvitalisasi dengan menyiapkan guiding block untuk kaum disabilitas, dan juga di samping Klodran telah disiapkan marka yellow box junction.

Sementara itu, Bupati Bantul Suharsono mengatakan, atas nama pemerintah dan masyarakat Bantul menyampaikan apresiasi kepada Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR sehingga pembangunan ruas jalan Klodran – batas Kota Bantul dapat terlaksana dengan baik.

"Kami merasa bersyukur serta memberikan apresiasi atas telah tuntasnya pembangunan ruas jalan Klodran – batas Kota Bantul, karena kalau kita cermati hasil pembangunan ini akan serasi, selaras dengan ruas jalan Klodran - Gose yang merupakan satu kesatuan pusat kota Bantul," katanya.