Pemkab Sleman bangun RTH di kecamatan dan desa

id Ruang terbuka hijau,RTH,DLH Sleman,Kabupaten Sleman

Pemkab Sleman bangun RTH di kecamatan dan desa

Ilustrasi salah satu ruang terbuka hijau publik (RTHP) di Kota Yogyakarta (Eka AR)

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan membangun dan mengembangkan fasilitas ruang terbuka hijau (RTH) di tingkat kecamatan dan desa.

"Konsep RTH ini bukan sekadar taman hijau, namun juga dilengkapi sarana olahraga dan permainan anak," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sleman Dwi Anta Sudibya di Sleman, Kamis.

Menurut dia, rencana ini sudah disampaikan dalam rapat koordinasi bersama instansi tingkat pemkab dan mendapatkan sambutan baik dari sejumlah instansi.

"Bahkan kami diminta untuk segera menyelesaikan 'detail engineering desain' (DED) pada 2020 dengan menggunakan alokasi anggaran belanja tambahan (ABT)," katanya.

Ia mengatakan, rencana RTH dan ruang publik tersebut berupa penataan RTH di setiap kecamatan minimal satu lokasi.

"Nanti ada fasilitas olahraga seperti jogging track, dan taman bermain anak," katanya.

Dwi Anta mengatakan, saat ini pihaknya sedang menyusun kriteria RTH yang layak dibangun di tingkat desa dengan menggandeng Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Sleman.

"Karena jumlah desa yang banyak, nantinya akan dipilih lapangan yang sesuai dengan kriteria. Penyusunan DED sendiri ditargetkan selesai tahun ini," katanya.

Ia mengatakan, realisasinya akan melihat kemampuan keuangan daerah karena pembangunan RTH ini sepenuhnya akan menggunakan dana APBD.

"Tentunya banyak kecamatan dan desa yang tertarik, namun dilihat nanti kemampuan anggaran tahun 2021. Program ini diproyeksi menjadi prioritas bagi pemerintah kecamatan dan desa," katanya.

Dengan kehadiran fasilitas publik, kata dia, diharapkan bisa menekan angka kasus kekerasan jalanan.

"Sarana yang ada di RTH bisa dimanfaatkan untuk menyalurkan hobi positif. Bisa ke depan dilengkapi fasilitasnya seperti di Taman Denggung semisal ditambah lapangan basket, maupun tempat bermain skateboard," katanya.

Ia mengatakan, pengembangan lapangan desa untuk kepentingan publik akan mulai dirintis oleh Pemerintah Desa Candibinangun, Kecamatan Pakem, dan Desa Sariharjo, Kecamatan Ngaglik.

"Perbaikan lapangan di desa tersebut rencananya menggunakan dana Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat (PUPM). Konsep RTH dengan memanfaatkan lapangan desa telah diterapkan pemerintah Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan yakni di Lapangan Raden Ronggo," katanya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024