Kejuaraan Beregu Asia, PBSI menjaga kesehatan atlet cegah virus Corona

id Kejuaraan Beregu Asia 2020,virus Corona,Piala Thomas Uber 2020,PBSI,pelatnas PBSI Cipayung

Kejuaraan Beregu Asia, PBSI menjaga kesehatan atlet cegah virus Corona

Sekretaris Jenderal Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Achmad Budiarto (kanan) menjawab pertanyaan awak media di pemusatan latihan nasional (pelatnas) bulutangkis di Cipayung, Jakarta, Kamis (6/2/2020). (ANTARA/Genta Tenri Mawangi)

Jakarta (ANTARA) - Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) berupaya menjaga kesehatan para atlet agar tidak terjangkit Virus Corona sebelum dan selama mengikuti Kejuaraan Beregu Asia di Manila, Filipina.

Sebab, Filipina merupakan satu dari enam negara di Asia Tenggara yang telah terjangkit virus Corona. Per 5 Januari, tiga warga Filipina dilaporkan terjangkit Virus Corona, dan satu di antaranya dilaporkan meninggal.

"Kita sudah coba antisipasi, dan tadi saya baru dapat penjelasan dari dokter penularan virus ini kalau terjadi kontak langsung maupun tidak langsung. Virus itu bisa masuk lewat tiga entry, hidung, mata, dan mulut. Ada sentuhan langsung secara fisik, dan itu yang kita coba antisipasi," kata Sekretaris Jenderal PBSI Achmad Budiarto saat ditemui di pemusatan latihan nasional (pelatnas) bulu tangkis di Cipayung, Jakarta, Kamis.

Budiarto mengaku pihaknya berupaya menjaga kesehatan para atlet tetap dalam kondisi prima.



"Kami juga mengimbau agar mereka nanti membatasi interaksi atau sentuhan fisik dengan barang-barang yang dicurigai jadi media penularan virus, antara lain mereka harus sering cuci tangan di air yang mengalir," tambah Budiarto.

Namun demikian, bagi sekjen PBSI, jaminan keselamatan dan kesehatan para atlet bukan hanya jadi urusan pihaknya. Pihak tuan rumah sebagai penyelenggara harus memberi kepastian bahwa para atlet tidak akan terjangkit virus selama Kejuaraan Beregu Asia berlangsung di Manila, Filipina, pada 11-16 Februari.

"Itu pekerjaan rumah tuan rumah sebagai penyelenggara dan panitia kejuaraan untuk concern utamanya menjaga kesehatan dan keselamatan para atlet," ujar Budiarto.



Indonesia akan mengirim sejumlah atlet andalannya untuk mengikuti Kejuaraan Beregu Asia yang menjadi ajang kualifikasi Piala Thomas Uber 2020 di Aarhus, Denmark, pada 16-24 Mei.

Dari hasil undian, tim putri Indonesia masuk dalam Grup Y bersama Filipina dan Thailand, sementara regu putra masuk dalam Grup A bersama India dan Filipina.

Tunggal putri Indonesia nantinya akan diperkuat oleh Gregoria Mariska Tunjung, Ruselli Hartawan, Putri Kusuma Wardani, dan Choirunnisa. Sementara itu, nomor ganda putri Indonesia diperkuat oleh Greysia Polii/Apriyani Rahayu, Siti Fadia Ramadhani/Ribka Sugiarto, dan Ni Ketut Mahadewi Istarani/Tania Oktaviani Kusuma.



Untuk nomor tunggal putra, regu Indonesia diperkuat oleh Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Shesar Hiren Rhustavito, dan Firman Abdul Kholik.

Sementara itu, nomor ganda putra Indonesia diperkuat oleh Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar