Sleman akan tambah PJU dengan anggaran Rp1,13 miliar

id Penerangan jalan umum,PJU,Dishub Sleman,Kabupaten sleman,Sleman

Sleman akan tambah PJU dengan anggaran Rp1,13 miliar

Dinas ESDM Provinsi Lampung Prihartono G Zain (Antara Lampung/HO)

Butuh sekitar 17.500 unit untuk menerangi seluruh wilayah Sleman.
Sleman (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan menambah sarana penerangan jalan umum (PJU) sebanyak 240 titik yang tersebar di sepuluh ruas jalan di wilayah itu pada tahun ini dengan anggaran  mencapai Rp1,13 miliar.

"Pengadaan dibagi dalam dua paket. Paket pertama, alokasi anggarannya senilai Rp610,97 juta," kata Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sleman Jenu Santosa di Sleman, Selasa.

Menurut dia, paket pertama tersebut untuk pemasangan PJU di ruas Depok-Watulangkah, Modinan-Karangtengah, Cokrowijayan-Kenteng, Kadisobo-Kradon, Padon-Minggir, dan Sidomulyo-Trimulyo.

Paket dua senilai Rp524,56 juta terdiri dari ruas Sembego-Setan, Krikilan-Lojajar, Krapyak-Wonosari, dan Donoasih-Ngemplak.

"Di tiap ruas akan dipasang lampu 20 atau 30 titik," katanya.

Baca juga: Harga bawang putih di Sleman mulai turun mendekati normal

Ia mengatakan, untuk pekerjaan dua paket tersebut saat ini sudah ditender dan targetnya pemasangan selesai pada Maret tahun ini.

"Dalam penentuan lokasi, kami berdasarkan pada survei dan laporan dari masyarakat," katanya.

Jenu mengatakan, PJU di Sleman saat iji masih jauh dari ideal jika dilihat dari segi kuantitas. Saat ini baru ada sekitar 9.000-10.000 unit PJU yang tersebar di ruas jalan maupun pemukiman.

"Butuh sekitar 17.500 unit untuk menerangi seluruh wilayah Sleman. Idealnya, setiap jarak 40 meter dipasang lampu. Panjang ruas jalan kabupaten ada 700 km sedangkan PJU yang terpasang baru kisaran 9.000-10.000 unit," katanya.

Ia mengatakan, untuk perbaikan PJU, pihaknya menargetkan penanganan selesai dalam jangka waktu maksimal 24 jam sejak laporan masuk.

"Rata-rata, usia lampu penerangan ruas jalan adalah lima tahun atau 50.000 jam. Taksiran usia itu dihitung dalam kondisi nyala normal delapan jam setiap hari. Tahun ini, anggaran perbaikan lampu PJU dialokasikan sebesar Rp800 juta," katanya.
Baca juga: Sleman gencar sosialisasikan keluarga sadar gender
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024