Wagub DIY : sektor perikanan budidaya potensial dikembangkan

id Wagub DIY

Wagub DIY : sektor perikanan budidaya potensial dikembangkan

Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam X menebar benih ikan di kolam ikan Pokdakan Mina Lestari Wirokerten Bantul, bantuan hibah Gubernur (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Paduka Paku Alam X menegaskan usaha pada sektor perikanan khususnya budidaya sangat potensial dikembangkan karena dapat menjadi salah satu penggerak utama perekonomian masyarakat.

"Sektor perikanan masih sangat potensial dikembangkan, memperhatikan potensi yang dimiliki dan tingkat pemanfaatan sumberdaya perikanan khususnya perikanan budidaya, maka sektor perikanan dapat menjadi salah satu penggerak utama perekonomian bangsa," kata Wagub DIY dalam kunjungan kerja ke kawasan perikanan budidaya Desa Wirokerten, Kabupaten Bantul, Selasa.

Oleh karena itu, ia mengatakan, perlunya usaha pengembangan sektor perikanan budidaya dengan memperhatikan metode, konsep dan teknologi perikanan khususnya budidaya ikan untuk kebutuhan konsumsi atapun untuk kegemaran atau hobi.

"Dan juga teknologi penyediaan induk dan benih unggul, inovasi wadah dan sistem budidaya, serta teknologi pengendalian penyakit ikan dan lingkungan harus-terus dikembangkan dan diterapkan," katanya.

Pada kunjungan kerja Wagub DIY mewakili Gubernur tersebut juga diadakan diskusi tentang pengembangan kawasan perikanan budidaya oleh para pemangku kepentingan dan pakar serta kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) Mina Lestari Wirokerten selaku penerima bantuan hibah Gubernur DIY.

"Karena itu saya yakin diskusi hari ini akan memberikan manfaat bagi pasar (ikan) Koi Yogyakarta dan kelompok Mina Lestari pada khususnya, dan masyarakat DIY pada umumnya," katanya.

Dia juga berharap, bahwa masa depan sektor perikanan di DIY dapat terus berkembang serta dapat terbangun jaringan dalam bingkai kerjasama oleh pemerintah, akademisi komunitas, media massa dan dunia usaha dalam jalinan pentahelix.

"Tentu harapan kita dapat menghasilkan produksi ikan yang berkualitas dan berkelanjutan mulai dari proses produksi pengolahan dan pemasaran," katanya.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar