Kejuaraan Balap Sepeda Asia dipastikan ditunda karena COVID-19

id balap sepeda asia,ivirus covid-19

Kejuaraan Balap Sepeda Asia dipastikan ditunda karena COVID-19

Timnas balap sepeda Indonesia sebelum start kejuaraan Asian Road Cycling Championship (ACC) 2019 di Tashkent, Uzbekistan, Minggu (28/4/2019). (Antara/PB ISSI)

Jakarta (ANTARA) - Konfederasi Balap Sepada Asia (ACC) memutuskan untuk menunda Kejuaraan Balap Sepeda Jalan Raya Asia 2020 yang sedianya akan digelar 17-22 Maret di Kuala Lumpur hingga waktu yang belum ditentukan terkait kekhawatiran penyebaran wabah COVID-19.

Selain itu, Kongres ACC dan Rapat Komite Manajemen yang dijadwalkan akan diadakan di sela kejuaraan tersebut juga ditunda.

Bendahara ACC, Amarjit Singh Gill dari Malaysia yang menghadiri pertemuan komite manajemen ACC di Dubai pada 15 Februari, mengonfirmasikan penundaan itu, Senin.

"ACC, setelah menerima umpan balik dan saran dari berbagai pihak, memutuskan bahwa untuk memastikan kesehatan dan keselamatan semua peserta dan pejabat yang datang dari seluruh Asia, kejuaraan tingkat benua ini harus ditunda," katanya dalam sebuah pernyataan seperti dikutip kantor berita Bernama.

Ini, katanya, sejalan dengan upaya global untuk membendung penyebaran virus.

"ACC memperhatikan perlindungan bagi semua peserta dari risiko terinfeksi COVID-19 dan menghindari penyebaran virus itu ke negara lain," kata Amarjit, yang juga wakil presiden Federasi Balap Sepeda Nasional Malaysia (MNCF).

"Kami berharap situasi berkaitan dengan COVID-19 mulai normal kembali segera, sehingga kami dapat mulai menetapkan tanggal baru untuk kongres dan kejuaraan yang akan diadakan sebelum Olimpiade Tokyo 2020," tambahnya.