AAU ingin membentuk calon pemimpin unggul dan berkarakter

id akademi angkatan udara,AAU Yogyakarta,TNI Angkatan Udara

AAU ingin membentuk calon pemimpin unggul dan berkarakter

Gubernur AAU Marsekal Muda Nanang Santosa saat menunjukkan fasilitas perpustakaan di Kesatrian AAU Yogyakarta. ANTARA/ Victorianus Sat Pranyoto

Sleman (ANTARA) - Lembaga pendidikan calon perwira TNI Angkatan Udara, Akademi Angkatan Udara (AAU), ingin membentuk calon pemimpin yang unggul dan berkarakter.

"AAU tidak hanya menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dalam hanya kecerdasan saja, tapi SDM yang dibentuk dengan karakter, etik, dan moral," kata Gubernur AAU Marsekal Muda Nanang Santosa di Yogyakarta, Rabu.

Selain itu, ia menambahkan, AAU ingin membentuk calon perwira yang menguasai ilmu pengetahuan, tangkas, terampil, dan berdisiplin tinggi.

"Kehidupan di asrama AAU difokuskan pada kerapihan, kebersihan, dan kedisiplinan untuk membentuk karakter para taruna, seperti dari hal yang sederhana, misal menjemur pakaian dan handuk harus rapi berderet," katanya.

Ia menjelaskan bahwa ada tujuh hal yang pantang dilanggar oleh taruna-taruni AAU, termasuk berbohong, mencuri, dan menyalahgunakan narkoba.

"Ada beberapa taruna yang terpaksa kami kembalikan kepada orang tuanya karena melanggar salah satu dari tujuh pantangan taruna. Satu taruna karena ketahuan mencuri dan satu orang karena indisipliner. Perbuatan mereka bukan hanya sekali, sudah beberapa kali," katanya.

"Sejak awal kami pantau pergerakannya, mulai dari keluar Kesatrian, kemudian menggunakan taksi online menuju kost pacarnya di Kecamatan Depok, Sleman, dan pesan tiket online kereta api menuju Bandung. Semua kami ikuti dan di Stasiun Kereta Api Kiara Condong, kami lakukan penangkapan," katanya tentang tindakan indisipliner yang dilakukan salah satu taruna.

Ia menjelaskan pula bahwa AAU juga dilengkapi sarana dan prasarana pendukung pendidikan seperti perpustakaan dan wahana olahraga halang rintang serta memiliki Departemen Aeronautika, tempat taruna belajar teknis perawatan dan perbaikan mesin pesawat.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar