Disperindag Sleman bersama Unriyo gelar "Creative Millennialpreneurs Festival"

id CM Fest chapter II ,Disperindag Kabupaten Sleman,Unriyo,Rumah kreatif Sleman

Disperindag Sleman bersama Unriyo gelar "Creative Millennialpreneurs Festival"

Kepala Disperindag Kabupaten Sleman Mae Rusmi Suryaningsih. Foto Antara/ Victorianus Sat Pranyoto

Sleman (ANTARA) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Rumah Kreatif Sleman (RKS) bersama Universitas Respati Yogyakarta ( Unriyo) akan menggelar "Creative Millennialpreneurs Festival ( CM Fest) Chapter II, pada 21 hingga 23 Februari 2020 di Sleman City Hall.

"CM Fest Chapter II yang bekerja sama dengan Unriyo ini dimaksudkan untuk lebih meningkatkan semangat mahasiswa dalam berwirausaha dan dalam
rangka dies natalis Unriyo yang ke-11," kata Kepala Disperindag Kabupaten Sleman Mae Rusmi Suryaningsih di Sleman, Rabu.

Menurut dia, pelaksanaan CM Fest Chapter II dan negara merupakan kelanjutan dari CMFest 2019: SMANCA dan RKS yang merupakan puncak dari kerja sama pendampingan yang diberikan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman melalui RKS kepada Kelompok Usaha Siswa SMAN 1 Cangkringan.

"Kegiatan yang merupakan pameran produk yang menggabungkan produk hasil karya siswa SMAN 1 Cangkringan dan produk UKM mitra binaan RKS tersebut berhasil dilaksanakan dengan sukses dan menuai banyak apresiasi," katanya.

Ia mengatakan, salah satu pihak yang memberikan apresiasi adalah dari Universitas Respati Yogyakarta (Unriyo) yang berminat untuk menjalin kerja sama dalam penyelenggaraan event yang sama.

"Unriyo juga mempunyai program pengembangan kewirausahaan yang berfokus pada penumbuhan sikap, sifat, karakteristik, motivasi dan keterampilan bagi mahasiswa untuk membentuk manusia yang mandiri, kreatif, inovatif dan berorientasi ke masa depan," katanya.

Mae Rusmi mengatakan, atas dasar hal tersebut Unriyo kemudian menggandeng RKS untuk menyelenggarakan CM Fest Chapter II.

"Creative Millennialpreneurs Festival Chapter II (CMFest 2.0) Unriyo & RKS ini merupakan pameran produk yang menggabungkan produk dan konsep bisnis
mahasiswa Unriyo yang mengikuti program kewirausahaan dan produk UKM mitra binaan RKS," katanya.

Ia mengatakan, kegiatan ini selain bertujuan untuk memamerkan produk dan konsep bisnis mahasiswa Unriyo juga bertujuan untuk menunjukkan daya inovasi dan kreativitas mahasiswa kepada masyarakat bahwa dengan program pendampingan yang tepat mereka mampu memiliki kemampuan berwirausaha selain kemampuan akademis.

"Selain itu juga meningkatkan wawasan mahasiswa Unriyo tentang kewirausahaan yang berbasis teknologi informasi dan digitalisasi," katanya.

Kemudian, kata dia, juga untuk memberikan fasilitasi akses pasar secara langsung kepada UKM Kabupaten Sleman yang menjadi mitra RKS serta menunjukkan kemampuan dan kapabilitas UKM Kabupaten Sleman yang menjadi mitra RKS kepada masyarakat bahwa UKM Kabupaten Sleman sudah memiliki kemampuan memproduksi produk yang sesuai dengan minat generasi millennial.

"CMFest Chapter II ini akan diikuti oleh 20 kelompok usaha mahasiswa Unriyo dan 40 UKM mitra binaan Rumah Kreatif Sleman (RKS)," katanya.

Ketua Panitia Dies Natalis Unrio ke 11 Khaula Luthfiati Rohmah mengatakan kegiatan ini tidak hanya kegiatan pameran produk saja, tetapi juga ada workshop UKM mitra RKS (workshop roti bersama Kedairoti.com, workshop kopi Merapi bersama Tongkah Kopi), workshop kewirausahaan "Are You Digital Enough' dan "Aku
Wirausaha Muda".

"Selain itu ada pertunjukan seni tradisional, dan pertunjukan bakat mahasiswa Unriyo yang dimeriahkan dengan penampilan bintang tamu Youtuber seperti
Moluccan Brothers dan Putu Bahagiana dan berbagai macam lomba seperti lomba mewarnai untuk anak sekolah TK dan SD dan lomba tari kreasi untuk anak sekolah SD dan SMP," katanya.
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar