Sebastian Vettel soal perbedaan SF1000 dari mobil Ferrari pada musim lalu

id tes pramusim barcelona,sebastian vettel

Sebastian Vettel soal perbedaan SF1000 dari mobil Ferrari pada musim lalu

Pebalap Ferrari Sebastian Vettel menjalani sesi tes pramusim yang digelar di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol, Kamis (20/2/2020) . ANTARA/Reuters/Albert Gea.

Jakarta (ANTARA) - Sebastian Vettel menjalani 73 putaran dengan mobil Ferrari SF1000 pada hari kedua tes pramusim di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol, Kamis, dan mengaku telah merasakan hasil kerja keras tim selama jeda musim dingin.

Tujuan Ferrari tahun ini dengan mobil barunya adalah meningkatkan downforce setelah berkaca pada mobil tahun lalu SF90 yang terkenal kencang di lintasan lurus namun kalah gesit dari Mercedes ketika melibas tikungan.

"Mobil ini jelas peningkatan dari tahun lalu," kata Vettel seperti dikutip laman resmi Formula 1.



Sang juara dunia empat kali itu melewatkan hari pertama tes karena sakit sebelum mencatatkan waktu tercepat kelima pada hari kedua tes pramusim.

"Aku menjalani beberapa putaran dan langsung terasa karakter dari mobil ini di beberapa area.

"Di area lain aku rasa ada kemiripan (dengan SF90), tapi aku rasa masih terlalu awal. Kami masih memiliki daftar panjang yang harus dilakukan di empat hari berikutnya untuk mencoba melihat bagaimana mobil ini bekerja, bagaimana dia merespon set-up tertentu dan celah di mana kami bisa menggunakan mobil ini.

"Jelas kami memiliki rencana yang jelas tentang apa yang ingin kami raih dengan mobil tahun ini, dan itu berjalan sesuai jalur, tapi sekarang tergantung dari kami untuk benar-benar mempelajari mobil ini dan melihat bagaimana ia merespon di atas trek



Seperti yang sudah-sudah, meski tim lawan tampil dengan catatan waktu tercepat, bukan jaminan mobil itu calon juara ketika musim bergulir.

Istilah sandbagging kerap muncul ketika sesi tes pramusim di mana tim sengaja tak ingin mengeluarkan performa maksimal dari mobil mereka sehingga terlihat lambat.

Hal itu terjadi ketika Mercedes kalah gesit dari Ferrari yang mendominasi sesi tes pramusim tahun lalu.

Namun tim Silver Arrow tiba di seri perdana di Melbourne untuk meraih delapan juara seri secara beruntun.

Sementara regulasi tahun ini cukup stabil sebelum perombakan besar-besaran di musim 2021.

Dengan padatnya kalender musim 2020 yang terdiri dari 22 seri balapan, meski Grand Prix China dibatalkan, Formula 1 mengurangi jadwal tes pramusim di Catalunya dari delapan hari menjadi enam hari yang akan dibagi dalam dua pekan sebelum seri perdana yang akan digelar di Melbourne, Australia pada 15 Maret nanti.
 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar