Angkasa Pura I targetkan 2021 seluruh bandara berstandar internasional

id ap I

Angkasa Pura I targetkan 2021 seluruh bandara berstandar internasional

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi saat menghadiri HUT ke-56 perusahaan di Jakarta, Sabtu (22/2/2020). ANTARA/Ahmad Wijaya

Jakarta (ANTARA) - PT Angkasa Pura I (Persero) mentargetkan pada 2021 seluruh bandar udara yang dikelolanya sudah berstandar internasional dengan memiliki sumber daya manusia yang terlatih dan mampu bersaing di kelas dunia.

"Saat ini kita secara bertahap sedang dan terus membenahi bandara yang kita kelola sehingga target 2021 menjadikan seluruh bandara bersatndar internasional bisa tercapai," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi saat perayaan HUT ke-56 perseroan di Jakarta, Sabtu.

Dikatakan, perusahaan selama ini sudah menjadikan sejumlah bandara menjadi berkelas internasional, seperti Bandara Ahmad Yani di Semarang, Bandara Kulon Progo di Yogyakarta, serta Bandara Syamsudin Noor di Banjarmasin-Kalimantan Selatan.



Sebagai BUMN yang bergerak di bidang transportasi udara, kata Faik, perseroan memiliki peran penting dan strategis dalam membangun infrastruktur untuk menghubungkan seluruh wilayah di Indonesia, sehingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dan menjadi terjangkau satu sama lain.

"Perusahaan tidak hanya dituntut untuk mencari laba saja, tapi juga harus bisa memberi manfaat nyata membangun infrastruktur untuk mengubungkan ke seluruh daerah di Indonesia," kata Faik.

Dia mengakui, peran perseroan untuk melakukan tugas yang diberikan tidak mudah setelah pada tahun 2019 industri penerbangan mengalami frekuensi yang rendah ditambah lagi saat dengan adanya wabah virus corona yang berdampak terhadap penurunan frekuensi penerbangan.

Tanpa menyebutkan berapa penurunan frekuensi penerbangan, dia mengatakan, sekalipun alami kesulitan namun kondisi tersebut tidak menyurutkan perseroan untuk terus meningkatkan kinerja serta tidak berhenti membangun infrastruktur.



PT Angkasa Pura I (Persero) saat ini mengelola 15 bandara, yaitu Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Bandara Frans Kaisiepo Biak, Bandara Sam Ratulangi Manado, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, serta Bandara Ahmad Yani Semarang.

Juga Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo, Bandara Adi Soemarmo Surakarta, Bandara Internasional Lombok Praya, Bandara Pattimura Ambon, Bandara El Tari Kupang, dan Bandara Sentani Jayapura.

Perseroan juga mempunyai lima anak perusahaan, yaitu PT Angkasa Pura Logistik, PT Angkasa Pura Properti, PT Angkasa Pura Suport, PT Angkasa Pura Hotel, dan PT Angkasa Pura Retail.