IBL pindahkan Seri VII musim 2020 dari Semarang ke Jakarta

id ibl,hall basket gelora bung karno,ibl 2020,junas miradiarsyah

IBL pindahkan Seri VII musim 2020 dari Semarang ke Jakarta

Tim bola basket putra Jepang (seragam putih) berlaga melawan Hong Kong dalam penyisihan Grup C Asian Games 2018 di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (22/8/2018). (ANTARA FOTO/INASGOC/Dwi Oblo)

Jakarta (ANTARA) - Pengelola Liga Bola Basket Indonesia (IBL) mengumumkan pemindahan Seri VII musim 2020 yang sedianya digelar di GOR Sahabat, Semarang, pada 13-15 Maret ke Gedung Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Seturut keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Minggu, keputusan itu ditempuh untuk mengoptimalkan ketersediaan fasilitas lapangan terbaik bagi kompetisi yang berlangsung kian ketat itu.

Pasalnya, menurut Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah GOR Sahabat Semarang yang sudah menjadi tuan rumah penyelenggaraan Seri I pada pertengahan Januari lalu sempat menimbulkan kekhawatiran ketika permukaan lapangan mengalami penurunan kualitas.



"Saat hari kedua Seri I sempat terjadi perbedaan suhu drastis ketika hujan deras dan kondisi panas di dalam GOR Sahabat memicu percepatan kondensasi di atas permukaan lapangan, yang membuat lantai lapangan menjadi licin," kata Junas.

"Kami bersyukur tidak terjadi hal yang merugikan pihak manapun saat itu, tetapi kami harus mempertimbangkan secara mendalam untuk periode selanjutnya," ujarnya menambahkan.

Junas mengaku ia beserta jajaran manajemen IBL sudah meminta pendapat sejumlah ahli untuk mengatasi persoalan tersebut yang kemudian direkomendasikan kepada pengelola GOR Sahabat Semarang.

"Namun memang dengan waktu yang terbatas kami harus memiliki rencana alternatif," ujarnya.

Pilihan relokasi Seri VII akhirnya jatuh ke Jakarta, tepatnya di Gedung Basket Gelora Bung Karno, yang sudah teruji sebagai lokasi penyelenggaraan Asian Games 2018.

"Ada beberapa pilihan kota pengganti, namun kami memilih Jakarta karena fasilitas yang telah dipastikan dari sisi keamanan, kemudian jeda dari seri di Jakarta sebelumnya cukup jauh," pungkas Junas.



Sebelumnya, Jakarta sudah menjadi tuan rumah penyelenggaraan Seri III pada 31 Januari s.d. 2 Februari, tetapi kala itu arena yang dipakai adalah Mahaka Square di Jakarta Utara.

Penyelenggaraan Seri VII di Gedung Basket GBK menandai kembalinya kompetisi bola basket nasional di arena legendaris tersebut. Musim-musim IBL terdahulu tak digelar di GBK lantaran arena itu tengah direnovasi untuk persiapan Asian Games 2018.

Sebelum kembali ke Jakarta, IBL 2020 lebih dulu menyelenggarakan Seri V di Kediri pada 28 Februari s.d. 1 Maret yang dilanjutkan ke Surabaya sepekan berselang.

IBL saat ini dalam masa jeda karena tim nasional Indonesia sedang berlaga di jendela pertama fase kualifikasi Piala FIBA Asia 2021.
 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024