Penataan pegawai masih sisakan empat jabatan tinggi di Yogyakarta kosong

id Penataan pegawai,jabatan tinggi pratama, yogyakarta

Penataan pegawai masih sisakan empat jabatan tinggi di Yogyakarta kosong

Pelantikan pejabat tinggi pratama di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta (Eka AR)

Yogyakarta (ANTARA) - Penataan pegawai khususnya untuk jabatan tinggi pratama di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta yang sudah dilakukan sejak awal tahun, masih menyisakan empat jabatan yang kosong dan kemudian dijabat oleh seorang pelaksana tugas.
 

“Memang masih ada beberapa yang kosong. Tetapi, proses pengisian jabatan terus dipersiapkan melalui mekanisme panitia seleksi,” kata Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti usai melantik dua pejabat tinggi pratama Pemerintah Kota Yogyakarta di Yogyakarta, Selasa.
 

Sebanyak empat organisasi perangkat daerah yang kini dipimpin oleh pelaksana tugas adalah Dinas Pertanahan dan Tata Ruang, Dinas Kesehatan, Dinas Pemuda dan Olahraga, serta Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Pelaksana tugas biasanya rangkap jabatan dengan jabatan lainnya.
 

Karena proses seleksi pengisian jabatan terus berjalan, Haryadi menambahkan, tidak menutup kemungkinan dalam waktu dua bulan ke depan akan ada pelantikan lagi untuk pengisian pejabat tinggi pratama di sejumlah organisasi perangkat daerah yang masih kosong tersebut.

"Kami akan prioritaskan pengisian jabatan untuk dinas yang tidak akan mengalami perubahan satuan organisasi tata kerja yang akan diterapkan mulai 2021," katanya.
 

Menurut dia, penataan pegawai termasuk di level jabatan tinggi pratama merupakan bagian dari dinamika organisasi. ”Pejabat tidak lagi berada di zona nyaman tetapi harus didorong untuk lebih inovatif dan kompetitif memenuhi tuntutan peningkatan kualitas pelayanan publik,” katanya.
 

Setiap pejabat tinggi pratama, lanjut dia, juga harus bisa menjadi panutan bagi pegawai lain. “Dengan demikian, mereka pun dituntut untuk selalu memiliki kinerja yang baik,” katanya.
 

Selain itu, Haryadi berharap, Pemerintah Kota Yogyakarta juga bisa memberikan literasi yang lebih baik kepada masyarakat mengenai kebijakan-kebijakan yang akan dijalankan oleh pemerintah daerah.
 

“Dengan demikian, masyarakat memahami apa yang akan dilakukan pemerintah bahkan memberikan dukungan penuh kepada pemerintah untuk merealisasikan berbagai program dan kegiatan pembangunan,” katanya.
 

Sementara itu, pada penataan pegawai untuk pejabat tinggi pratama yang dilakukan Selasa (3/3), terdapat dua pegawai yang dirotasi yaitu Lucy Irawati menduduki jabatan baru sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, sedangkan Sisruwadi dilantik sebagai Asisten Sekretaris Daerah Bidang Kesejahteraan Rakyat.
 

Haryadi kemudian berpesan agar pejabat yang baru dilantik tersebut bisa beradaptasi dengan cepat di lingkungan kerja yang baru, salah satunya mengawasi pelaksanan Diklatpim yang diikuti sejumlah pegawai serta memberikan pelayanan adminduk yang semakin progresif dan akuntabel.

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024