Bupati Sleman mengajak masyarakat sukseskan sensus penduduk online

id Bupati Sleman,Sensus penduduk,BPS kabupaten Sleman,Kabupaten Sleman

Bupati Sleman mengajak masyarakat sukseskan sensus penduduk online

Bupati Sleman Sri Purnomo didampingi Kepala BPS Kabupaten Sleman Arina Yuliati (kiri) melakukan Sensus Penduduk secara online. (Foto : Antara/HO-Humas Pemkab Sleman).

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Purnomo mengajak seluruh warga Sleman untuk aktif berpartisipasi mensukseskan Sensus Penduduk (SP) secara online yang dilaksanakan pada 15 Februari hingga 31 Maret 2020.

"Ayo segera melakukan sensus online. Luangkan sedikit waktunya, jangan ragu, Sensus Penduduk ini berguna untuk melihat kondisi penduduk di Kabupaten Sleman," kata Sri Purnomo usai melakukan sensus online dan sensus wawancara di Sleman, Rabu.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sleman, Arina Yuliati menyebutkan, sensus penduduk sendiri dapat diakses lewat portal resmi (sensus.bps.go.id) dengan menggunakan smartphone, tablet, komputer, maupun laptop.

"Setelah sensus online, tahap berikutnya akan dilakukan sensus penduduk secara wawancara pada 1 hingga 31 Juli 2020," ujarnya.

Menurut dia, wawancara langsung ini untuk memverifikasi hasil sensus online serta mengecek keakuratan data warga.

"Hingga 3 Maret 2020 dari 366.000 Kepala Keluarga yang tercatat di Dukcapil, baru sekitar lima ribu yang sudah berpartisipasi pada sensus penduduk online, dan sekitar tujuh ribu yang sudah mengakses situs," jelasnya.

Ia mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan waktu melakukan sensus online sebelum 31 Maret 2020.

"Kami telah mengupayakan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dengan memberikan tutorial kepada OPD di Kabupaten Sleman, selain itu memberikan sosialisasi di Forkom desa," katanya.

Ia berharap para kepala desa yang sudah mendapatkan sosialisasi agar segera mengajak warganya mengisi data di sensus online.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024