Empat gol Ilicic mewarnai langkah Atalanta ke delapan besar

id Liga Champions,Valencia,Atalanta,Josip Ilicic

Empat gol Ilicic mewarnai langkah Atalanta ke delapan besar

Gelandang Atalanta Josip Ilicic (kiri) mengendalikan bola setelah melewati adangan bek Valencia Mouctar Diakhaby (kanan) pada pertandingan leg kedua 16 besar Liga Champions, yang dimainkan di Stadion Mestalla, Valencia, Selasa (10/3/2020). (ANTARA/AFP/-)

Jakarta (ANTARA) - Josip Ilicic mengemas empat gol yang mewarnai langkah Atalanta ke delapan besar Liga Champions, dengan kemenangan 4-3 atas Valencia, Selasa setempat (Rabu dini hari WIB).

La Dea memenangi pertandingan 16 besar Liga Champions dengan wakil Spanyol tersebut dengan skor agregat 8-4, demikian menurut laman resmi UEFA.

Pemain asal Slovenia Ilicic menjadi pahlawan Atalanta dengan gol-gol yang diciptakannya pada menit ke-3, 43, 71, dan 82. Sedangkan gol-gol pelipur lara Valencia dibukukan oleh Kevin Gameiro pada menit ke-21 dan 51, serta satu gol dari Ferran Torres.

Pertandingan baru berlangsung kurang dari dua menit saat Atalanta mendapat hadiah penalti. Pergerakan Josip Ilicic di sisi kanan kotak penalti tuan rumah dihentikan Mouctar Diakhaby dengan tekel yang membuat wasit Ovidiu Hategan menunjuk titik putih.

Tinjauan VAR mengonfirmasi keputusan sang pengadil, dan Ilicic yang bertindak sebagai algojo sukses menunaikan tugasnya untuk membuka keunggulan La Dea.



Valencia kemudian balas mengancam melalui upaya Rodrigo yang menerima operan dari Geoffrey Kondogbia, tetapi sepakan jarak jauhnya masih dapat diantisipasi kiper Sportiello.

Gol yang dinantikan tuan rumah baru tercipta pada menit ke-21. Bola berhasil dicuri Valencia dari penguasaan tim Atalanta di lini tengah, dan Rodrigo mengirim umpan terobosan yang selanjutnya dapat dikonversi Kevin Gameiro untuk menjadi gol penyama kedudukan.

Atalanta memiliki dua peluang untuk kembali memimpin dari sundulan Mario Pasalic dan sepakan melambung Alejandro Gomez, sebelum mereka mengonversi keunggulan satu gol menjelang turun minum.

Kali ini, Diakhaby dinilai wasit mengenai bola dengan tangannya. Ilicic kembali menjadi eksekutor, dan kembali sukses menaklukkan kiper Jasper Cillessen.



Setelah turun minum, Atalanta memiliki peluang bagus untuk menambah keunggulan. Tetapi sepakan keras Remo Freuler membentur tiang gawang.

Tidak lama berselang justru Valencia yang mampu menyamakan kedudukan. Umpan silang akurat Ferran Torres dari sisi kanan ditanduk dengan sempurna oleh Gameiro untuk mengubah skor menjadi 2-2.

Setelah itu Los Che berbalik unggul untuk pertama kalinya. Ferran Torres berlari mengejar umpan terobosan dari Daniel Parejo, ia kemudian berlari dan melepaskan sepakan cungkil untuk membuat bola melambung melewati kiper Sportiello yang maju untuk menutup ruang tembak.

Tidak lama kemudian justru Ilicic yang mengukir trigol untuk mengubah skor kembali imbang, kali ini 3-3. Dari satu skema serangan balik, Ilicic mengoperkan bola kepada Duvan Zapata di sisi kanannya, ia kemudian mengirimkan bola kembali kepada Ilicic untuk diteruskan dengan sepakan keras kaki kiri menembus gawang tuan rumah.

Seolah belum puas mengemas trigol, Ilicic mengukir gol keempatnya menjelang pertandingan usai. Pergerakan operan mulus berujung pada Freuler memainkan operan satu-dua dengan Zapata di tepi kotak penalti, sebelum menyodorkannya untuk diselesaikan menjadi gol oleh Ilicic yang tidak terkawal.



Susunan pemain:

Valencia (4-4-2): Jasper Cillessen, Daniel Wass, Francis Coquelin (Denis Cheryshev 74'), Mouctar Diakhaby (Goncalo Guedes 46'), Jose Gaya, Ferran Torres, Daniel Parejo, Geoffrey Kondogbia, Carlos Soler, Kevin Gameiro, Rodrigo (Alessandro Florenzi 79')

Atalanta (3-4-1-2): Marco Sportiello, Berat Djimsiti, Mattia Caldara, Jose Luis Palomino, Hans Hateboer, Marten de Roon (Duvan Zapata 44'), Remo Freuler, Robin Gosens, Mario Pasalic (Adrien Tameze 83'), Josip Ilicic, Alejandro Gomez (Ruslan Malinovsky 78')
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar