Bupati Bantul minta camat segera data wilayah terdampak cuaca ekstrem

id Bupati Bantul

Bupati Bantul minta camat segera data wilayah terdampak cuaca ekstrem

Bupati Bantul Suharsono (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Suharsono meminta semua camat di kabupaten itu untuk segera mendata wilayah terdampak bencana akibat cuaca ekstrem yang terjadi sejak beberapa hari terakhir.

"Sudah langsung saya kumpulkan dan undang semua camat, untuk saya suruh mendata daerah-daerah atau wilayah mana yang kena musibah, seperti saat bencana karena dampak badai Cempaka 2017 lalu," kata Bupati di Bantul, Rabu.

Cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas tinggi yang melanda wilayah Bantul dalam beberapa hari terakhir berakibat banjir hingga merusak talut sungai, bahkan jembatan jebol, selain itu pohon tumbang menimpa rumah-rumah warga.

"Saya sudah terjun langsung ke lapangan di Siluk Selopamioro (ninjau jembatan rusak), di Sindet Trimulyo. Maka saya perintahkan camat mendata, walaupun itu ada jembatan yang jebol didata apakah wewenang Bantul atau provinsi atau pusat," katanya.

Bupati mengatakan, dengan pendataan wilayah terdampak bencana itu nantinya agar segera ada tindaklanjut dalam penanganan, baik yang akan dilakukan oleh pemerintah kabupaten, provinsi maupun pusat sesuai kewenangannya.

"Agar wilayah terdampak segera ditindaklanjuti karena kita ada anggaran dana taktis, sudah disampaikan Pak Sekda (Sekretaris Daerah Bantul) kurang lebih ada dana sebesar Rp3 miliar yang bisa dimanfaatkan untuk penanganan musibah," katanya.

Dia mengatakan, apabila infrastruktur yang terkena dampak menjadi wewenang Pemda DIY, agar membuat surat untuk dikirimkan ke Gubernur DIY, dan apabila milik kewenangan pemerintah pusat juga kirim surat ke pusat.

"Segera dikumpulkan (hasil pendataan) untuk ditindaklanjuti, khususnya wewenang Pemkab Bantul sudah ada dana taktis, sehingga segera kita benahi, nunggu apalagi," katanya.

Namun demikian, kata dia, dalam pemulihan lokasi terdampak terutama talut sungai atau jembatan menunggu kondisi cuaca memungkinkan.

"Tunggu air surut dulu, kalau misalnya di jembatan masih banjir tidak bisa, nunggu surut dulu," katanya.