PSG lolos ke perempat final berkat kemenangan agregat atas Dortmund

id Liga Champions,PSG,Borussia Dortmund

PSG lolos ke perempat final berkat kemenangan agregat atas Dortmund

Para pemain PSG (kaus biru) merayakan gol yang dicetak Neymar dalam pertandingan leg kedua 16 besar Liga Champions melawan Borussia Dortmund yang dimainkan di Parc des Princes, Paris, Rabu (11/3/2020). (ANTARA/UEFA/HANDOUT)

Dengan kemenangan tersebut, PSG mengunci kemenangan agregat 3-2 atas Dortmund untuk melapangkan jalan ke putaran selanjutnya, demikian catatan laman resmi UEFA.
Jakarta (ANTARA) - Paris St Germain membuka jalan ke perempat final Liga Champions berkat kemenangan 2-0 pada pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Champions yang dimainkan di Parc des Princes, Paris, Rabu setempat (Kamis dini hari WIB).

Dengan kemenangan tersebut, PSG mengunci kemenangan agregat 3-2 atas Dortmund untuk melapangkan jalan ke putaran selanjutnya, demikian catatan laman resmi UEFA.

Megabintang Brasil Neymar (28') membuka keunggulan PSG, sebelum satu gol sumbangan Bernat (45') mengamankan langkah tim Paris yang sekaligus menghapus "kutukan" gagal lolos dari 16 besar selama tiga tahun berturut-turut.

Baca juga: Atletico runtuhkan Anfield dan menang atas Liverpool

Laga itu dimainkan tanpa penonton sebagai langkah antisipasi terhadap penyebaran virus corona, sehingga menjadikan pertandingan itu sebagai pertandingan Liga Champions kedua pekan ini yang dimainkan tanpa penonton, setelah laga Valencia kontra Atalanta.

Kedua tim tampil berhati-hati pada fase awal pertandingan. Peluang bagus baru didapatkan Dortmund pada menit ke-18 saat sepakan Jadon Sancho sedikit melebar dari gawang tuan rumah.

Tidak lama kemudian PSG pun memiliki peluang berharga. Angel Di Maria berlari untuk mengirimkan umpan terobosan kepada Edinson Cavani, tetapi tembakan mendatar penyerang Uruguay itu masih mengenai kaki kiper Roman Buerki.

Gol yang dinantikan PSG akhirnya tercipta pada peluang berikutnya. Sundulan Neymar meneruskan operan Di Maria melesak masuk ke sisi kanan gawang Dortmund untuk mengubah skor menjadi 1-0 bagi tuan rumah.

Menjelang turun minum, PSG menggandakan keunggulan. Neymar mendapat bola di area pertahanan Dortmund dan meneruskannya kepada Di Maria di sisi kanan, bola kemudian dioperkan kepada Pablo Sarabia yang mengirim umpan silang mendatar untuk disambar Juan Bernat.

Baca juga: Empat gol Ilicic mewarnai langkah Atalanta ke delapan besar

Pada awal babak kedua, PSG lebih dulu mengambil inisiatif serangan. Di Maria berupaya mencatatkan namanya di papan skor, namun sepakannya masih dapat ditahan Buerki.

Dortmund berusaha bangkit. Tim Jerman itu mencoba mengancam dari sepakan salto Emre Can dan tembakan Dan-Axel Zagadou yang belum membahayakan gawang PSG.

Tim Jerman itu belum kehilangan harapan. Mereka kembali mendapat peluang dari sepakan Can dan tembakan Julian Brandt yang belum tepat sasaran.

Sayangnya semua upaya keras Dortmund gagal menghasilkan gol yang dibutuhkan. Mereka justru harus kehilangan Can yang mendapat kartu merah akibat pelanggarannya terhadap Neymar. Skor akhir 2-0 menjadi milik PSG.

Susunan pemain:

PSG (4-4-2): Keylor Navas, Thilo Kehrer, Marquinhos, Presnel Kimpembe, Juan Bernat, Angel Di Maria (Layvin Kurzawa 79'), Idrissa Gana Gueye, Leandro Daniel Paredes, Neymar, Pablo Sarabia (Kylian Mbappe 64'), Edinson Cavani

Borussia Dortmund (3-4-1-2): Roman Buerki, Lukasz Piszczek, Mats Hummels, Dan-Axel Zagadou, Achraf Hakimi, Emre Can, Axel Witsel (Giovanni Reyna 71'), Raphael Guerreiro, Jadon Sancho, Thorgan Hazard (Julian Brandt 68'), Erling Haaland
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024