Bupati Bantul ingatkan ASN agar terus tingkatkan kualitas kinerja

id Pelantikan ASN

Bupati Bantul ingatkan ASN agar terus tingkatkan kualitas kinerja

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji PNS di lingkungan Pemkab Bantul, DIY (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta Suharsono mengingatkan para aparatur sipil negara di lingkungan pemerintah kabupaten setempat yang baru saja dilantik untuk terus meningkatkan kualitas dan kapasitas kinerja agar dapat mengikuti tuntutan publik yang makin meningkat.

"Sejalan dengan tuntutan publik akan kinerja aparatur pemerintah yang lebih profesional, tentu menjadi tantangan tersendiri bagi setiap aparatur PNS (pegawai negeri sipil) untuk meningkatkan kualitas dan kapasitasnya," kata Bupati pada pelantikan dan pengambilan sumpah janji PNS Bantul di Bantul, Kamis.

Untuk itu, Bupati berpesan kepada aparatur ASN untuk ikut membangun dan menjaga citra positif dengan bekerja sebaik-baiknya dan mampu menunjukkan figur PNS yang berkualitas dan profesional yang benar-benar berorientasi pada peningkatan pelayanan dan pembangunan masyarakat.

"Menjadi PNS di masa sekarang haruslah memiliki kemampuan belajar dan senantiasa mengembangkan diri, memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan di sekitarnya, serta tanggap terhadap dinamika tuntutan masyarakat," katanya.

Oleh karena itu, lanjut Bupati, tanamkanlah kesadaran dalam diri bahwa PNS adalah bagian terpenting dari motor penggerak perubahan Kabupaten Bantul ke arah yang lebih baik.

Bupati juga mengatakan, para PNS adalah tulang punggung Pemkab Bantul yang harus memberikan kontribusi nyata dengan menunjukkan kinerja yang baik, karena itu jangan pernah puas dengan apa yang telah didapat, sebab di era perkembangan teknologi yang begitu cepat saat ini membutuhkan kemampuan diri yang harus terus meningkat.

"Selain daripada itu, untuk menjadi pelayan publik yang baik, tentunya bahasa, komunikasi, interaksi yang digunakan merupakan bahasa melayani bukan bahasa penguasa, mengingat tugas utama PNS adalah melayani rakyat," katanya.

Bupati juga mengingatkan para ASN agar menghindari berbagai hal negatif, seperti narkoba, korupsi maupun perilaku radikalisme. Namun jagalah martabat tidak hanya saat jam kerja, jadilah sosok teladan bagi lingkungan kerja dan sekitar, sehingga citra positif yang terbangun tidak hanya bagi organisasi tapi pribadi.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian, Pelatihan dan Pendidikan (BKPP) Bantul Danu Suswaryanta mengatakan, total ada 580 ASN yang dilantik dan diambil sumpah janji, terdiri dari 555 CPNS yang diangkat menjadi PNS dan 25 pegawai untuk menduduki jabatan fungsional di lingkungan Pemkab Bantul.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024