384 pelajar Gunung Kidul ikut seleksi Kompetisi Sains Nasional

id Kompetisi Sains Nasional ,Gunung Kidul

384 pelajar Gunung Kidul ikut seleksi Kompetisi Sains Nasional

Ilustrasi - Puluhan siswa finalis yang mengikuti Kompetisi Edutainment Sains Asyik 2011 diselenggarakan oleh PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) di jakarta, Sabtu (17/9) . ANTARA/Kiki

Gunung Kidul (ANTARA) - Sebanyak 384 pelajar Sekolah Dasar di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta mengikuti proses seleksi Kompetisi Sains Nasional 2020 untuk memilih perwakilan daerah setempat menuju tahap seleksi tingkat provinsi.

Kabid SD Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunung Kidul Sumarto di Gunung Kidul, Kamis, mengatakan seleksi Kompetisi Sains Nasional (KSN) itu untuk menentukan perwakilan kabupaten yang lolos ke tingkat provinsi DIY.

"Setelah seleksi tingkat DIY dilakukan, perwakilan pelajar akan dikirimkan ke KSN 2020 yang akan diselenggarakan di Jawa Timur. Kami berharap ada wakil dari Gunung Kidul lolos mewakili DIY dalam kompetisi KSN di Jawa Timur nanti," kata dia.

Ia mengatakan pelajar yang ikut seleksi merupakan mereka yang belum pernah mengikuti kompetisi sains tingkat nasional dan internasional. Peserta seleksi merupakan pelajar kelas IV dan V dengan usia maksimal 13 tahun pada 31 Juli 2020.

Peserta KSN merupakan wakil dari kecamatan-kecamatan di Kabupaten Gunung Kidul. Setiap kecamatan mengirim 18 pelajar SD sebagai perwakilan, di mana nantinya dipilih tiga pelajar sebagai perwakilan Kabupaten Gunung Kidul untuk seleksi tingkat DIY.

"Hal tersebut dibuktikan dengan menunjukkan fotokopi akta kelahiran. Persyaratan tersebut diberikan agar memberi peluang bagi pelajar yang belum pernah mengikuti kompetisi sains seperti ini," katanya.

Kepala SDN Piyaman 1 Iryan Swasini mengatakan proses seleksi dilakukan dengan mengerjakan soal-soal pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Matematika yang merupakan materi utama KSN 2020.

"Seluruh materi proses seleksi berasal dari Kemendikbud RI. Selain itu, proses seleksi ini diawasi oleh petugas dari Disdikpora Gunung Kidul. Kami hanya menyiapkan tempat," katanya.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar