Bantul instruksikan semua sekolah tunda 'outing class'

id Dinas Dikpora Bantul,penanganan corona,virus corona,corona,covid-19,2019-ncov,novel coronavirus 2019,bantul

Bantul instruksikan semua sekolah tunda 'outing class'

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Bantul Isdarmoko (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Menginstruksikan kepada Kepala TK/SD/SMP negeri dan swasta se Bantul agar menunda atau meniadakan kegiatan outing class baik perkemahan, studi wisata, outbond atau kegiatan-kegiatan pembelajaran di luar kelas lainnya sampai dengan batas waktu yang ti
Bantul (ANTARA) - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menginstruksikan seluruh sekolah mulai dari taman kanak-kanak, sekolah dasar, hingga sekolah menengah pertama untuk menunda kegiatan 'outing class' sebagai pencegahan virus corona disease 2019 (COVID-19) pada satuan pendidikan.

Instruksi tersebut tertuang dalam Surat Edaran tertanggal 11 Maret 2020 yang ditandatangani Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Bantul Isdarmoko untuk disampaikan kepada semua Kepala Sekolah TK/SD dan SMP Negeri maupun swasta se-Kabupaten Bantul.

"Menginstruksikan kepada Kepala TK/SD/SMP negeri dan swasta se Bantul agar menunda atau meniadakan kegiatan outing class baik perkemahan, studi wisata, outbond atau kegiatan-kegiatan pembelajaran di luar kelas lainnya sampai dengan batas waktu yang tidak ditentukan," bunyi edaran tersebut.

Baca juga: RSUD Bantul larang pasien rawat inap dibezuk antisipasi penyebaran COVID-19

Dalam edaran Kepala Dinas Dikpora Bantul itu juga menyatakan bagi kepala TK/SD/SMP negeri dan swasta se Bantul yang telah memperoleh surat izin dari kepala dinas untuk melaksanakan kegiatan outing class, maka sejak dikeluarkannya surat edaran ini, surat izin dinyatakan tidak berlaku.

"Bagi sekolah yang sudah terlanjur mengumpulkan biaya untuk kegiatan outing class agar dapat dikomunikasikan secara baik dan bijaksana dengan pengurus komite, pihak event organizer, orang tua siswa dan siswa untuk dicari solusi terbaik bagi semua pihak," bunyi edaran itu.

Bagi kepala sekolah TK/SD/SMP negeri dan swasta yang tetap menjalankan kegiatan outing class sejak terbitnya surat edaran ini, maka secara kelembagaan Dinas Dikpora Bantul tidak bertanggungjawab terhadap segala kegiatan outing class yang dilaksanakan.

"Bagi pihak-pihak pemerhati dan praktisi pendidikan agar turut menciptakan suasana kondusif dan tidak membuat keresahan dan kegaduhan baru pada satuan pendidikan," demikian bunyi akhir edaran tersebut.
Baca juga: 12 kandidat Pilkada Bantul dari Golkar paparkan visi misi
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar