Liverpool memuncaki daftar skuat termahal di Eropa

id Liverpool,Manchester City,Barcelona,Real Madrid,Chelsea,Liga Inggris

Liverpool memuncaki daftar skuat termahal di Eropa

Liverpool dianggap miliki skuat termahal di dunia.(REUTERS/Phil Noble)

Jakarta (ANTARA) - Klub Inggris Liverpool dianggap memiliki skuat termahal di Eropa, demikian sebuah laporan CIES Football Observatory seperti dikutip Sky Sports, Selasa (17/3).

Skuat Jurgen Klopp dilaporkan saat ini bernilai 1,27 miliar poundsterling (sekitar Rp23,3 Triliun), membuat mereka memuncaki daftar skuat termahal di liga Inggris dan mengalahkan saingan mereka Manchester City yang skuatnya bernilai 1,24 miliar poundsterling (sekitar Rp22,6 triliun).

Barcelona ada pada posisi ketiga dengan nilai skuat 1,06 miliar poundsterling (sekitar Rp19,5 triliun), sedangkan Real Madrid ada pada posisi keempat dengan nilai skuat 1 miliar poundsterling (sekitar Rp18,4 triliun.)

Skuat Chelsea menempati urutan kelima dengan nilai 917 miliar poundsterling (sekitar Rp16,7 triliun), sedangkan Manchester United harus menduduki posisi kelima dengan nilai 916 miliar poundsterling (sekitar Rp16 triliun)



Keberhasilan Liverpool menjadi tim termahal terasa fantastis karena cara The Reds menyusun kekuatan. Pemain-pemain yang ada dalam skuat Liverpool saat ini tidak semuanya dibeli dengan harga mahal.

Mohamed Salah, Sadio Mane, Roberto Firmino, Andy Robertson adalah sejumlah pemain yang dibeli dengan harga relatif murah. Belum lagi pemain seperti Trent Alexander-Arnold yang merupakan jebolan akademi.

Klopp berhasil memaksimalkan kemampuan pemain-pemain tersebut dan membuat mereka menjadi bintang papan atas. Posisi ini berdasarkan nilai pemain dan menggunakan sejumlah variabel termasuk usia, performa, perkembangan karier dan durasi kontrak.

Pemain paling tinggi harganya di Eropa adalah penyerang Paris Saint-Germain Kylian Mbappe, yang memiliki nilai transfer lebih dari 227 juta poundsterling (sekitar Rp4,18 triliun).
 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar