Pengelola wisata Nglanggeran Gunung Kidul melakukan penyemprotan disinfektan

id penyemprotan disinfektan,Nglanggeran,Gunung Kidul

Pengelola wisata Nglanggeran Gunung Kidul melakukan penyemprotan disinfektan

Pengelola Gunung Api Purba Nglanggeran Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, melakukan penyemprotan disinfektan di lokasi-lokasi yang sering dikunjungi wisatawan dalam rangkan mencegah COVID-19. (Foto Dispar Gunung Kidul/HO/Sutarmi)

Gunung Kidul (ANTARA) - Pengelola Gunung Api Purba Nglanggeran Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, melakukan penyemprotan disinfektan di lokasi-lokasi yang sering dikunjungi wisatawan dalam rangkan mencegah COVID-19.

Bidang Pemasaran Pokdarwis Gunung Api Purba Nglanggeran Heru Purwanto di Gunung Kidul, Selasa, mengatakan penyemprotan disinfektan, dalam beberapa hari ke depan di sejumlah titik sekitar Gunung Api Purba Nglanggeran dan juga sekitar embung.

"Pembersihan ini dilakukan sebagai komitmen untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung," kata Heru.

Ia mengatakan dampak wabah COVID-19 ini menyebabkan penurunan jumlah kunjungan wisatawan yang cukup signifikan. Sejumlah agenda yang sudah terjadwal dibatalkan atau diundur pelaksanaannya.

Kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran sendiri selain mengunjungi gunung api purba atau embung, juga sering dilakukan live in atau kegiatan outbond.

"Setelah adanya wabah COVID-19 ada penurunan kunjungan wisatawan, bahkan bisa dikatakan terjun bebas. Penurunan sekitar 80 an persen dibanding hari biasa," ucap Heru.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata Gunung Kidul Harry Sukmono mengatakan penyemprotan disinfektan ini tindak lanjut dari koordinasi dengan pelaku usaha pariwisata terkait penganangan COVID-19.

"Penyemprotan disinfektan untuk memastikan lokasi wisata bersih dan higienis pada fasilitasnya. Tersedianya fasilitas cuci tangan dengan sabun atau antiseptik," katanya.

Ia mengatakan dalam koordinasi tersebut disepakati adanya pembatasan masa di lokasi destinasi wisata. Lokasi wisata melakukan koordinasi dengan fasilitas kesehatan untuk sosialisasi dan pemantauan wisatawan. Juga dilakukan terkait informasi dengan kat kewaspadaan COVID -19.

"Kesepakatan juga melakukan aksi nyata dengan gerakan bersama menjaga kebersihan di destinasi wisata dan fasilitas pariwisata. Seperti pembersihan yang dilakukan oleh teman-teman di Nglanggeran," kata Harry.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar