Pemkab Kulon Progo jamin stok kebutuhan pokok aman

id Stok kebutuhan pokok aman,Kulon Progo

Pemkab Kulon Progo jamin stok kebutuhan pokok aman

Disperindag Kulon Progo memantau kebutuhan pokok di Pasar Wates. (Foto ANTARA/Sutarmi)

...Kami juga mengimbau masyarakat membeli kebutuhan pokok sesuai kebutuhan,
Kulon Progo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menjamin stok kebutuhan pokok di wilayah ini aman hingga Ramadhan 2020 karena Kulon Progo merupakan produsen beberapa komoditas.

Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Setda Kulon Progo Adnan Widodo di Kulon Progo, Kamis, mengatakan Kabupaten Kulon Progo merupakan produsen sebagian kebutuhan pokok, mulai dari beras, cabai, telur, bawang merah, hingga sayur-sayuran, buah-buhan (semangka, melon dan kelengkeng) hingga gula merah.

Selain itu, Kulon Progo juga diketahui sebagai produsen lele, nila dan udang, dan ayam potong.

"Kami sampaikan kepada masyarakat bahwa stok kebutuhan pokok di Kulon Progo aman hingga puasa nanti, kecuali bawang putih dan gula pasir yang harus didatangkan dari luar," kata Adnan.

Baca juga: Satpol PP Kulon Progo operasi yustisi depo pasir sepanjang JJLS

Ia mengatakan stok beras di masyarakat juga sangat cukup. Pada April nanti, beberapa kecamatan akan mulai panen raya padi. Begitu juga, pada awal Maret ini mulai tanam perdana cabai, di sisi lain produksi tetap berjalan meski kecil.

Namun demikian, harga gula pasir dan bawang putih cukup tinggi di tingkat pedagang atau pengecer. Kenaikan terjadi di seluruh Indonesia, dan yang bisa menangani adalah pemerintah pusat. Saat ini harga bawang putih masih berkisar  Rp50 ribu per kilogram, dan gula pasir dari Rp17 ribu sampai Rp18 ribu per kilogram.

"Kami imbau masyarakat tidak usah panik dengan stok kebutuhan pokok di Kulon Progo. Kami juga mengimbau masyarakat membeli kebutuhan pokok sesuai kebutuhan," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kulon Progo Astungkara mengingatkan dan mengimbau kepada masyarakat tidak perlu resah dengan kondisi kebutuhan pokok di Kulon Progo.

Baca juga: AP I lakukan penyemprotan disinfektan di Bandara YIA

Saat ini, stok kebutuhan pokok sangat aman hingga puasa nanti. Namun demikian, ia mengakui wabah COVID-19 berpengaruh pada tingkat konsumsi warga. Ada kepanikan dengan isu pembatasan kontak sosial, sehingga warga membeli kebutuhan barang pokok lebih banyak dibandingkan hari-hari biasa.

"Kami mengimbau warga untuk tenang dan membeli kebutuhan pokok secukupnya," katanya.