KTT ASEAN di Vietnam ditunda akibat COVID-19

id virus corona,KTT ASEAN ,batal,Vietnam

KTT ASEAN di Vietnam ditunda akibat COVID-19

Para mahasiswa Vietnam di Universitas Nasional Pendidikan Hanoi dengan mengenakan masker mengikuti perkuliahan hari pertama, setelah kampus ditutup selama lebih dari sebulan karena wabah virus corona baru, di Hanoi, Vietnam, Senin (2/3/2020). ANTARA/REUTERS/Kham/tm (REUTERS/KHAM)

Hanoi (ANTARA) - Konferensi tingkat tinggi (KTT) ASEAN, yang dijadwalkan berlangsung di Vietnam awal April, ditunda sampai akhir Juni karena kekhawatiran terkait virus corona atau COVID-19, kata Kementerian Luar Negeri Vietnam, Kamis.

Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc telah menginformasikan penundaan itu kepada para pemimpin negara-negara anggota ASEAN, kata kementerian.

KTT ke-36 ASEAN tadinya akan diselenggarakan pada 6-9 April di Vietnam, negara yang menjadi ketua tahun ini.

Keputusan penundaan muncul setelah Vietnam pada 17 Maret mengumumkan bahwa negara itu akan memberlakukan kewajiban karantina bagi semua pengunjung dari Amerika Serikat, Eropa dan negara-negara ASEAN.

Vietnam juga menangguhkan pemberian visa bagi semua warga negara asing.

Wabah virus corona, yang telah membunuh hampir 9.000 orang di seluruh dunia dan hingga Kamis menjangkiti 76 orang di Vietnam, juga membuat pertemuan ASEAN dengan Amerika Serikat dibatalkan. Pertemuan ASEAN-AS itu sebelumnya dijadwalkan dilangsungkan pada 14 Maret.

ASEAN (Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara), terdiri dari Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand dan Vietnam.

Sumber: Reuters
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar