DPRD Kulon Progo minta pemkab memantau ketersediaan kebutuhan pokok

id COVID-19,DPRD Kulon Progo,Disperindag Kulon Progo,Kulon Progo,Stok pangan

DPRD Kulon Progo minta pemkab memantau ketersediaan kebutuhan pokok

Ketua Komisi II DPRD Kulon Progo Priyo Santoso. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - Ketua Komisi II DPRD Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakata, Priyo Santoso meminta pemerintah setempat dalam hal ini Disperindag Kulon Progo untuk memantau ketersediaan dan harga kebutuhan pokok untuk masyarakat terkait kebijakan tanggap darurat COVID-19.

"Hal ini untuk memastikan tidak ada pihak yang bermain atau mencari keuntungan dengan adanya bencana COVID-19," kata Priyo Santoso di Kulon Progo, Minggu.

Ia juga meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis membangun koordinasi dengan lintas pemangku kepentingan, termasuk aparat keamanan apabila ada pihak yang menggunakan kesempatan mencari keuntungan untuk ditindak secara tegas sesuai ketentuan yang berlaku.

"Kami minta OPD teknis mampu menjamin ketersediaan pangan bagi masyarakat Kulon Progo, apalagi akan memasuki bulan puasa. Kalau dibutuhkan pemkab berkoordinasi dengan Bulog bila harga sudah naik dan terjadi kelangkaan barang untuk melakukan operasi pasar," katanya.

Priyo Santoso mengimbau pedagang untuk tidak panik dan terus berjualan dengan tetap menjaga kesehatan. Ia menyadari kondisi seperti ini bukan hal yang mudah bagi pedagang, namun demikian ia tetap meyakini, Kulon Progo aman dari ancaman COVID-19.

"Kami minta pemerintah daerah untuk senantiasa memotivasi pedagang agar jangan panik terhadap keadaan saat ini semua perlu kepedulian bersama," katanya.

Sementara itu, Kepala Disperindag Kulon Progo Iffah Mufidati memastikan seluruh pasar rakyat yang ada di Kulon Progo tidak ada yang tutup. Hal ini menyikapi isu yang berkembang di masyarakat bahwa pasar rakyat ditutup dengan adanya wabah COVID-19.

"Namun demikian, Disperindag Kulon Progo tetap mengupayakan menjaga kemungkinan penyebaran COVID-19 dengan melakukan berbagai upaya untuk meminimalisir sebaran COVID-19 pada perdagangan," kata Iffah.

Ia mengatakan Disperindag Kulon Progo mengupayakan penyemprotan desinfektan di seluruh pasar rakyat. Ia juga mengimbau pedagang tetap menjaga keselamatan, menjaga jarak antara yang satu dengan yang lain.

"Kami mengimbau pembeli dan pedagang mengenakan masker dan selalu mencuci tangan usai melakukan kegiatan," katanya.
Pewarta :
Editor: Sutarmi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar