Grab kembangkan Program Bantuan Bisnis bagi Mitra Merchant GrabFood

id grab,grabfood

Grab kembangkan Program Bantuan Bisnis bagi Mitra Merchant GrabFood

Mitra pengemudi GrabBike (HO-Grab Indonesia)

Yogyakarta (ANTARA) - Grab mengembangkan Program Bantuan Bisnis bagi Mitra Merchant GrabFood untuk membantu menghemat biaya operasional dan meningkatkan penjualan di tengah pandemi COVID-19, kata Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi.

"Program Bantuan Bisnis Mitra GrabFood, yaitu sebuah program yang berjalan selama tiga bulan untuk membantu mereka melalui masa sulit ini dengan memanfaatkan berbagai perangkat dan layanan GrabFood. Program ini ditujukan untuk mendukung mereka dalam menghemat biaya dan mendorong permintaan dari pelanggan," katanya dalam rilis yang diterima di Yogyakarta, Jumat.

Ia menjelaskan program itu mencakup sejumlah strategi untuk mendorong permintaan dengan peningkatan visibilitas dalam aplikasi Grab, promosi khusus, serta kategori khusus untuk restoran lokal dan merchant favorit masyarakat.

Program itu juga dapat membantu merchant menghemat biaya melalui berbagai mekanisme termasuk program cashback bagi pembelian beberapa kebutuhan pokok dan potongan harga untuk pembelian wadah makanan.

"GrabFood juga telah berinvestasi besar dalam teknologi untuk mendukung mitra merchant agar mereka dapat melakukan promosi secara langsung dengan fleksibilitas penuh melalui aplikasi merchant mereka untuk tetap melayani pelanggan di rumah dan menggratiskan biaya antar GrabFood untuk pelanggan," katanya.

Menurut dia, Grab mengembangkan program itu karena banyak restoran, terutama UMKM, yang harus mengubah cara mereka beroperasi, mulai dari mengurangi jam operasional hingga tidak melayani pelanggan untuk makan di tempat.

"Bisnis kuliner sedang menghadapi ancaman turunnya angka penjualan yang dapat mempersulit mereka dalam memenuhi pendapatan harian dan menggaji karyawan mereka, sehingga mereka sangat membutuhkan dukungan dari berbagai pihak," katanya.

Selain itu, untuk mitra pengemudi yang menjadi garda terdepan dan selalu siap untuk melayani masyarakat selama masa menantang ini, Grab telah mempersiapkan Paket Bantuan GrabCare yang terdiri dari bantuan keuangan dan medis untuk para mitra pengemudi Grab.

"Bantuan itu diberikan jika di antara mereka diharuskan melakukan karantina yang dimandatkan oleh otoritas kesehatan publik/pemerintah, atau telah dites positif terhadap COVID-19," kata Neneng.

Menurut dia, mitra pengemudi GrabBike dan GrabCar akan menerima bantuan keuangan sebesar Rp1,5 juta (untuk GrabBike) dan Rp3 juta (untuk GrabCar) apabila dinyatakan positif COVID-19 dan dimandatkan untuk menjalani karantina.

Selain itu, mitra GrabCar dapat menggunakan asuransi Mandiri In-Health mereka untuk klaim terkait COVID-19 seperti pemeriksaan medis, konsultasi dokter, rontgen dada, dan tes darah secara berkala.

"Saat masyarakat Indonesia menjalani peran mereka dalam memerangi pandemi COVID-19 dengan tetap berada di rumah, mitra pengemudi dan mitra merchant kami menjadi garda terdepan dalam menjaga komunitas agar tetap berjalan. Kami sangat tersentuh melihat mitra pengemudi, mitra merchant, pelanggan, dan karyawan kami bersatu untuk mendukung satu sama lain," kata Neneng.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar