Melalui "KitaVSCorona", Grab perkuat langkah memerangi COVID-19 di Yogyakarta

id grab,covid-19,corona,yogyakarta

Melalui "KitaVSCorona", Grab perkuat langkah memerangi COVID-19 di Yogyakarta

Pembagian masker, pembersih tangan (hand sanitizer), dan vitamin pada mitra pengemudi GrabBike di Yogyakarta (HO-Grab Indonesia)

Yogyakarta (ANTARA) - Grab memperkuat langkah memerangi COVID-19 di Yogyakarta melalui gerakan KitaVSCorona sebagai tindakan pencegahan untuk melindungi kesehatan dan keselamatan baik pelanggan maupun mitra di seluruh layanan Grab di wilayah ini.

Sejalan dengan instruksi Presiden Jokowi kepada masyarakat Indonesia untuk bekerja, belajar dan beribadah di rumah, Grab telah meluncurkan berbagai inisiatif untuk memerangi pandemi COVID-19 melalui gerakan KitaVSCorona yang diluncurkan di berbagai kota di seluruh Indonesia termasuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

"Gerakan KitaVSCorona merupakan langkah awal kepada seluruh mitra pengemudi Grab, layanan pengantaran, merchant dan karyawan Grab dalam memerangi pandemi COVID-19," kata City Manager GrabBike Yogyakarta, Grab Indonesia, Habdillah Anuraga.

Langkah selanjutnya, Grab telah menempatkan berbagai upaya pencegahan tambahan serta paket dukungan untuk melindungi kesehatan, kesejahteraan, dan keberlangsungan hidup seluruh rangkaian mitra di seluruh Indonesia, khususnya untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

"Sejak dimulainya wabah penyebaran virus COVID-19 pada Desember 2019, Grab telah memonitor situasi dan mempersiapkan seluruh pihak pada respons kami terhadap COVID-19. Di Grab, kami menempatkan kesehatan dan keselamatan pelanggan, mitra pengemudi dan merchant kami sebagai prioritas utama dalam seluruh kegiatan operasional kami," katanya.

Melalui upaya jaga jarak sosial yang aman dan efektif, kemitraan dari segi teknologi dan inisiatif edukasi, Grab telah menerapkan langkah-langkah tegas untuk membatasi pandemi COVID-19 di Indonesia termasuk di Yogyakarta dan sekitarnya.

Ia mengemukakan, inisiatif Grab dalam pencegahan pandemi COVID-19 di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya antara lain pembagian ribuan masker, pembersih tangan (hand sanitizer), dan vitamin bagi mitra pengemudi GrabBike dan GrabCar di Yogyakarta yang berlangsung secara bertahap selama sepekan ke depan sesuai dengan protokol "social distancing" atau jaga jarak sosial.

Selain itu, penyemprotan disinfektan bagi kendaraan mitra pengemudi GrabBike dan GrabCar di Yogyakarta dan sekitarnya, edukasi gaya hidup sehat dan pencegahan penyebaran COVID-19 kepada mitra pengemudi secara online melalui aplikasi Grab Driver serta secara offline dengan protokol "social distancing" atau jaga jarak sosial.

"Mitra pengemudi dan pengiriman adalah tulang punggung platform kami. Kami juga telah mempersiapkan paket GrabCare untuk memberikan bantuan keuangan dan medis kepada mitra pengemudi Grab jika di antara mereka ditempatkan pada karantina yang dimandatkan otoritas kesehatan publik/pemerintah, atau telah dites positif terhadap COVID-19.

Grab juga menyediakan posko siaga bagi mitra pengemudi di Yogyakarta yang merasa kurang sehat dan ingin beristirahat sejenak yang juga dilengkapi dengan alat untuk memeriksa suhu badan (thermal gun). Mitra pengemudi juga dapat menggunakan manfaat GrabBenefits yang terdiri dari diskon untuk mencuci jaket, helm serta cuci motor dan mobil.

Edukasi gaya hidup sehat dan pencegahan penyebaran COVID-19 bagi pelanggan melalui fitur GrabHealth yang menawarkan konsultasi kesehatan dalam aplikasi gratis kepada konsumen, yang dijalankan oleh tenaga medis profesional untuk menjawab pertanyaan seputar COVID-19. Mereka juga dapat membeli produk kesehatan dan vitamin atau menebus suplemen melalui GrabRewards.

GrabHealth juga akan secara teratur berbagi konten pendidikan dengan publik untuk membantu mengurangi penyebaran COVID-19. Pembagian voucher GrabCar ke beberapa rumah sakit rujukan COVID-19 di Yogyakarta sebagai bentuk apresiasi Grab untuk tenaga medis yang berjuang dalam pandemi virus ini.

"Kami berharap konsumen, mitra pengiriman dan mitra merchant Grab untuk terus saling menjaga dengan tetap waspada dan menerapkan praktik kebersihan yang baik. Kami akan memanfaatkan #KitaVSCorona untuk memastikan masyarakat Indonesia menerima informasi COVID-19 yang terkini dan andal untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan masyarakat," kata Habdillah.

Direktur Lalu Lintas Polda DIY Kombes Pol I Made Agus Prasetya berharap inisiatif yang telah dilakukan Grab Yogyakarta juga dapat diikuti oleh pengusaha-pengusaha di semua sektor sebagai upaya melindungi masyarakat dari penyebaran COVID-19.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman Mardiyana menyambut baik upaya yang dilakukan Grab di Yogyakarta dalam menanggapi pandemi COVID-19.

"Saya sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan Grab Yogyakarta berupa penyemprotan disinfektan dan bantuan masker, hand sanitizer, dan vitamin untuk mitra pengemudi. Ini merupakan kegiatan yang sangat positif dalam situasi penyebaran COVID-19 yang semakin luas, sehingga perlu ada langkah antisipasi pencegahan dan hal ini telah dilakukan Grab Yogyakarta," katanya.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar