Sejumlah harga beberapa kebutuhan pokok di Yogyakarta turun

id kebutuhan pokok,sembako,yogyakarta,corona

Sejumlah harga beberapa kebutuhan pokok di Yogyakarta turun

ilustrasi - kebutuhan pokok. (FOTO ANTARA)

Yogyakarta (ANTARA) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Daerah Istimewa Yogyakarta mencatat terjadi penurunan harga sejumlah bahan kebutuhan pokok di pasar tradisional di Yogyakarta di tengah mewabahnya virus Corona baru (COVID-19) di Indonesia.

"Ada beberapa komoditas mengalami penurunan seperti bawang merah, cabai merah serta bawang putih," kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag DIY Yanto Apriyanto saat dihubungi di Yogyakarta, Rabu.

Menurut Yanto, selain karena stok melimpah, masyarakat atau konsumen yang berkunjung ke pasar tradisional di Yogyakarta saat ini jauh berkurang dibandingkan hari biasanya.

"Untuk di pasar, tingkat pengunjung turun sampai 50 persen," kata Yanto.

Penurunan jumlah pengunjung itu, khususnya terjadi di Pasar Beringharjo, Pasar Kranggan, dan Pasar Demangan, Kota Yogyakarta.

Berdasarkan pantauan Disperindag DIY pada 1 April 2020, harga cabai merah besar yang sebelumnya Rp27.333 per kg menjadi Rp23.333 per kg, cabai merah keriting dari Rp23.667 menjadi Rp19.000 per kg, bawang putih sincau dari Rp37.000 per kg menjadi Rp36.000 per kg, telur ayam negeri dari Rp23.667 per kg menjadi Rp22.667 per kg,

Yanto mengatakan meski beberapa komoditas itu turun, menurut dia, secara umum harga bahan pokok sampai saat ini masih dalam kondisi normal atau stabil.

"Komoditas yang masih memiliki harga tinggi adalah gula pasir," kata dia.
Pewarta :
Editor: Eka Arifa
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar