Pemkab Sleman menjamin ketersediaan pangan hingga enam bulan ke depan

id Panen raya Sleman,Persediaan pangan sleman,Bupati Sleman,Kabupaten Sleman

Pemkab Sleman menjamin ketersediaan pangan hingga enam bulan ke depan

Bupati Sleman Sri Purnomo saat melakukan panen raya padi di Bulak Jabung, Pandowoharjo, Sleman. Foto Antara/ HO-Humas Pemkab Sleman

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, memastikan ketersediaan beras di wilayah setempat mencukupi hingga enam bulan ke depan.

"Dengan produktivitas 57,25 kuintal per hektare dalam luas 7.576 hektare, dapat menambah ketersediaan beras sejumlah 27.766 ton dan dapat dipastikan cukup untuk ketersediaan hingga enam bulan ke depan," kata Bupati Sleman Sri Purnomo dalam panen raya padi di Bulak Jabung, Pandowoharjo, Rabu.

Menurut dia, produktivitas dalam panen padi di Sleman ditunjang oleh sistem panen dengan menggunakan mesin padi (combine harvester) yang dinilai dapat menekan biaya yang biasa dikeluarkan jika melakukan panen padi secara manual.

"Maka dari itu, saya mengimbau kepada masyarakat Sleman agar tidak menimbun atau membeli beras secara berlebihan. Jangan sampai terjadi pembelian panik padahal ketersediaan pangan kita mencukupi," katanya.

Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman Heru Saptono mengatakan bahwa ketersediaan komoditas pangan yang masih mengalami surplus sampai dengan akhir April 2020 yaitu beras sebanyak 39.377 ton dan cabai 222 ton.

"Kemudian persediaan daging ayam 5.576 ton, telur 494 ton dan ikan sebanyak 4.916 ton," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024