Musisi jazz Ellis Marsalis meninggal dunia dikarenakan corona

id Ellis Marsalis ,musisi jazz,musik jazz,virus corona,COVID-19,corona selebritas

Musisi jazz Ellis Marsalis meninggal dunia dikarenakan corona

Musisi jazz Ellis Marsalis (Tangkapan layar YouTube)

Jakarta (ANTARA) - Musisi jazz Ellis Marsalis meninggal dunia setelah berjuang melawan pneumonia yang disebabkan corona virus corona baru (COVID-19).

Pianis jazz tersebut meninggal dunia di usianya yang ke-85 tahun, kata putranya Ellis Marsalis III.

"Pneumonia adalah penyebab kematiannya. Tapi itu disebabkan COVID-19," kata putra bungsu Marsalis tersebut dikutip TIME, Jumat.

Ellis III mengatakan dia berkendara dari Baltimore, Amerika Serikat pada hari Minggu agar bisa bersama sang ayah saat dia dirawat di rumah sakit.

"Aku bersamanya di rumah sakit selama enam atau tujuh jam kemarin. Branford menemaninya pada Senin, aku kemarin dan Jason bersamanya hari ini. Dia meninggal dunia pas Jason pergi," kata Ellis III.



Empat dari enam orang anak laki-laki Ellis Marsalis adalah musisi hebat di AS yakni Wynton, pemain terompet andal AS yang jadi sutradara di Lincoln Center in New York.

Putra kedua adalah Branford, pemain saksofon yang jadi pemain utama di band The Tonight Show dan ikut tur bersama Sting.

Delfeayo, pemain trombon yang seorang musisi dan produser rekaman kenamaan. Jason, seorang drummer, memiliki sebah band. Sementara Ellis III, keluar dari jalur musik, dia seorang fotografer dan penyair dari Baltimore.

Wali kota New Orleans LaToya Cantrell mengumumkan kematian sang musisi lewat sebuah keterangan pada Rabu (1/4) malam.

"Ellis Marsalis adalah seorang legenda. Dia purwarupa saat kita memboicarakan soal New Orleans jazz," kata Cantrell yang menyebut sosok Marsalis sebagai seorang guru, ayah dan ikon.

Salah satu murid selebritas Marsalis adalah Harry Connick Jr.

Perjalanan karir

Marsalis lahir di New Orleans, dia putra dari operator sebuah hotel tempat Marsalis bertemu dengan musisi-musisi kulit hitam yang sedang tur, yang tidak dapat menginap di hotel-hotel di pusat kota yang mereka tonton.

Dia bermain saksofon di sekolah menengah tetapi juga bermain piano saat dia pergi ke Universitas Dillard.

Meskipun New Orleans penuh dengan jazz tradisional, dan rock 'roll', Marsalis lebih menyukai bebop dan jazz modern.

Tapi dia main RnB dan soul and rock and roll di Bourbon Street untuk menafkahi keluarga.

Marsalis bergabung dengan Korps Marinir dan ditugaskan untuk menemani solois di program TV mingguan layanan di CBS di New York. Di sanalah dia belajar main semua jenis gaya musik yang berbeda.



Dia lantas bekerja di Playboy Club dan memberanikan diri menjalankan klubnya sendiri, yang dengan cepat bangkrut.

Pada tahun 1967 pemain terompet Al Hirt mempekerjakannya. Ketika tidak di Bourbon Street, band Hirt muncul di TV nasional - melakukan pertunjukan utama di The Tonight Show dan The Ed Sullivan Show.

Marsalis belajar sekaligus mengajar improvisasi di Universitas Xavier di New Orleans. Pada pertengahan 1970-an dia bergabung dengan fakultas di sekolah menengah New Orleans di mana ia memengaruhi generasi baru musisi jazz muda.

Ketika ditanya bagaimana dia bisa mengajar sesuatu yang bebas seperti improvisasi jazz, Marsalis pernah berkata, "Kami tidak mengajar jazz, kami mengajar siswa."

Pada tahun 1986 ia pindah ke Virginia Commonwealth University di Richmond sebagai koordinator Studi Jazz, sebuah jabatan yang dipegangnya hingga 1989 ketika Universitas New Orleans (UNO) memikatnya kembali untuk membuat program studi jazz di rumah.

Marsalis pensiun dari UNO pada tahun 2001, tetapi terus tampil, terutama di Snug Harbor di New Orleans, sebuah klub jazz kecil yang berlabuh di panggung jazz kontemporer kota - sering mendukung musisi muda yang memiliki janji.

Gaya melodinya dengan improvisasi tangan kanannya digambarkan macam-macam mulai dari romantis, kontemporer, atau hanya "jazz Louisiana."

Dia selalu menggunakan piano akustik, tidak pernah elektrik, dan bahkan dalam menafsirkan standar lama ada tautan yang jelas ke chord dan irama bebop mengemudi di tahun-tahun awalnya.

Ia mendirikan perusahaan rekaman sendiri, ELM (diambil dari inisial namanya), tetapi rekamannya terbatas sampai putranya menjadi terkenal. Setelah itu ia bergabung dengan mereka dan musisi lain di label mainstream dan menjadi headline perilisannya sendiri, banyak dari komposisinya sendiri.

Dia sering bermain di New Orleans Jazz dan Heritage Festival. Selama lebih dari tiga dekade ia bermain dua set 75 menit setiap Jumat malam di Snug Harbor sampai ia memutuskan itu menjadi terlalu melelahkan. Tetapi bahkan kemudian dia tetap tampil di sana pada kesempatan sebagai tamu istimewa.

Istri Marsalis, Dolores, meninggal pada tahun 2017. Dia meninggalkan putranya Branford, Wynton, Ellis III, Delfeayo, Mboya dan Jason.
 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar