La Liga alami kerugian Rp17,1 triliun jika musim ini dibatalkan

id Liga Spanyol,Barcelon, virus corona olah raga

La Liga alami kerugian Rp17,1 triliun jika musim ini dibatalkan

Mahasiswa China Gao Jia Xin berjalan di luar Stadion Camp Nou, kandang FC Barcelona pada 10 Maret 2020. Seandainya kompetisi La Liga musim ini dilanjutkan dengan pertandingan yang dihadapi penonton La Liga tetap bakal merugi Rp2,7 triliun. (REUTERS/Nacho Doce)

Jakarta (ANTARA) - Klub-klub La Liga diperkirakan mengalami kerugian luar biasa besar, yakni mencapai 957 juta euro atau sekitar Rp17,1 triliun seandainya musim 2019-2020 diputuskan untuk dibatalkan dalam beberapa pekan ke depan, tulis harian Marca dalam lamannya, Jumat.

Sepak bola domestik Spanyol dihentikan sementara karena terus berlanjutnya lockdown akibat wabah COVID-19.

Menurut Marca, perhitungan awal kerugian semula diperkirakan 648 juta euro (Rp11,5 triliun) jika Liga Champions dan Liga Europa dibatalkan.

Seandainya La Liga dilanjutkan dengan skenario bertanding tanpa penonton maka liga elite Spanyol tetap rugi namun angkanya lebih baik dari pada dibatalkan, yakni berpotensi rugi 303,4 juta euro (Rp5,4 triliun).

Tetapi jika pertandingan digelar dengan kehadiran penonton, maka kerugian berkurang menjadi 156,4 juta euro (Rp2,7 triliun).

La Liga kabarnya sedang bernegosiasi dengan serikat pemain AFE dalam rangka pemotongan gaji untuk mengendurkan dampak buruk keuangan akibat wabah virus corona.

Barcelona dan Atletico Madrid sama-sama sudah mengumumkan penurunan gaji sebesar 70 persen dan mendukung paket untuk para staf bukan pemain beberapa hari terakhir.
Pewarta :
Editor: Eka Arifa
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar