Satu pasien COVID-19 di RSUD Wonosari dinyatakan sembuh

id covid gunung kidul,rsud wonosari,covid 19,penanganan corona,virus corona,corona,covid-19,2019-ncov,novel coronavirus 201

Satu pasien COVID-19 di RSUD Wonosari dinyatakan sembuh

Rumah Sakit Umum Daerah Wonosari di Kabupaten Gunung Kidul. (ANTARA/Sutarmi)

Gunung Kidul (ANTARA) - Satu pasien positif COVID-19 yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang ke rumah.

"Hasil dua kali (pemeriksaan) swab menunjukkan negatif. Rencana hari ini akan dipulangkan," kata Direktur RSUD Wonosari Heru Sulistiyowati di Gunung Kidul, Sabtu.

Pasien asal Desa Bedoyo, Kecamatan Ponjong, tersebut datang dari Jakarta pada 3 Maret 2020. Semula dia tidak mengalami gejala sakit dan sempat berinteraksi dengan banyak warga di Desa Bedoyo saat mendatangi hajatan pada 13 dan 14 Maret 2020.

Pada 18 Maret ia berobat ke Rumah Sakit Panti Rahayu dan kemudian dirujuk ke RSUD Wonosari. Pada 21 Maret 2020, kondisi pasien itu membaik dan sempat diminta melakukan isolasi mandiri di rumah karena ruang rawat rumah sakit penuh.

Pasien itu dikonfirmasi positif terserang COVID-19 pada 25 Maret dan dirawat di ruang isolasi RSUD Wonosari karena mesti tidak mengalami gejala sakit berisiko menularkan virus corona ke orang lain.

Kepala Dinas Kesehatan Gunung Kidul Dewi Irawaty mengatakan bahwa pasien yang sudah dinyatakan bebas dari COVID-19 tidak berpotensi menularkan virus namun dia menyarankan pasien lebih banyak berada di rumah.

"Jangan sampai merasa bebas lalu tidak melakukan social distancing," kata Dewi.

 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar