PMI DIY mendistribusikan puluhan ribu sarung tangan untuk rumah sakit rujukan COVID-19

id PMI,sarung tangan,penanganan corona,virus corona,corona,covid-19,2019-ncov,novel coronavirus 2019

PMI DIY mendistribusikan puluhan ribu sarung tangan untuk rumah sakit rujukan COVID-19

Puluhan ribu sarung tangan didistribusikan Palang Merah Indonesia (PMI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk tangani COVID-19. ANTARA/HO/PMI DIY

Yogyakarta (ANTARA) - Palang Merah Indonesia  Daerah Istimewa Yogyakarta  mendistribusikan 30 ribu sarung tangan untuk rumah sakit rujukan penanganan COVID-19 di daerah setempat.

"Sejumlah 30 ribu sarung tangan "synthetic gloves" sudah kami distribusikan sejak kemarin (3/4) dan hari ini (4/4)," kata Ketua PMI DIY GBPH Prabukusumo di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia, sarung tangan tersebut diberikan untuk 25 rumah sakit rujukan COVID-19 di DIY yang masing-masing mendapatkan seribu sarung tangan.

Prabukusumo menuturkan bantuan alat pelindung diri (APD) tersebut merupakan bantuan dari PMI Pusat bekerja sama dengan PT. Medisafe Technologies (Indorama Group).

Ia mengatakan selain rumah sakit rujukan, sisanya sejumlah lima ribu sarung tangan didistribusikan untuk PMI DIY dan PMI kabupaten/kota yang sampai dengan saat ini masih melakukan penyemprotan disinfektan di berbagai tempat fasilitas umum dan pelayanan publik.

Sampai dengan saat ini, menurut Prabukusumo, PMI se-DIY telah melakukan penyemprotan di 742 titik dan juga promosi kesehatan kepada sekitar 1.088 jiwa.

"Kami juga sudah mendistribusikan 120 unit sprayer, lima ribu masker, 30 unit penutup wajah, disinfektan 150 kilogram, megafon 20 unit, kaca mata pelindung sejumlah 25 unit, baju hazmat 175 unit, hand sanitizer sejumlah 25 liter serta tempat cuci tangan portabel sejumlah 7 unit," kata Prabukusumo.

Ia berterima kasih kepada masyarakat, para dermawan yang telah membantu merespons wabah COVID-19 dengan memberikan donasi melalui PMI DIY. Donasi yang terkumpul di PMI DIY hingga 3 April 2020 sebesar Rp146.367.944.

"Masyarakat yang akan membantu bisa menyalurkan bantuannya melalui transfer ke nomor rekening 137-000-7449-9594 atas nama Penanggulangan Bencana PMI Provinsi DIY," kata dia.

Sebanyak 25 rumah sakit rujukan yang mendapatkan bantuan sarung tangan adalah RSUP Dr. Sardjito, RSUD Panembahan Senopati, RSUD Kota Yogyakarta, RSUD Wates, RSPAU D. S Hardjolukito, RS St. Elizabeth, RS PKU Bantul, RSUD Sleman, RSUD Prambanan, RS JIH, RS Sakina Idaman, PKU Muhammadiyah Gamping, RS Bhayangkara, RSA UGM, RS Hermina, RSUD Wonosari, RS Panti Rahayu, RSUD Nyi Ageng Serang, RS PKU Kota Yogyakarta, RS Panti Rapih, RS Bethesda, RS. Dt. Soetarto, RS Pratama, dan RS Siloam.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024