27.000 orang telah diperiksa "real time" PCR COVID-19

id qpcr,tes pcr,pcr real time,real time pcr,achmad yurianto,bnpb,covid-19,corona,virus corona

27.000 orang telah diperiksa "real time" PCR COVID-19

Staf menguji purwarupa (prototipe) test kit qPCR COVID-19 buatan Indonesia. (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Juru Bicara Pemerintah untuk Percepatan Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto mengatakan sudah ada sekitar 27.000 orang telah diperiksa dengan real time  PCR (qPCR) untuk pemeriksaan COVID-19 secara cepat.

"Beberapa kebijakan telah dilakukan. Sampai hari ini lebih dari 27.000 orang yang telah diperiksa PCR real time," kata Yuri dalam jumpa pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Graha BNPB di Jakarta, Minggu.

"Hal ini menunjukkan bahwa kita secara serius mencari kasus positif terkonfirmasi," ujar dia.

Lebih lanjut, ia menerangkan tes diagnosis cepat (rapid diagnosis test) yang berbasis antibodi sesuai dengan edaran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga telah dilaksanakan.

"Rekomendasi rapid diagosis test yang berbasis antibodi sesuai edaran WHO 7 April 2020 menjadi pedoman agar rapid test antibodi lebih terarah," jelas Yuri.

Rapid test tersebut, lanjutnya, adalah perangkat yang digunakan untuk penyaringan (skrining) yang ditujukan untuk kelengkapan catatan kontak (tracing) kasus positif COVID-19 yang terkonfirmasi, baik untuk masyarakat maupun tenaga medis yang melayani pasien terjangkit.

"Skrining ditujukan untuk kelengkapan kontak tracing kasus terkonfirmasi posiitif, deteksi dini dan cepat kemungkinan terinfeksi untuk tenaga medis, dan skrining untuk wilayah yang banyak kasus positif," ucap dia.

Selain itu, Yuri menyebut bahwa 60 laboratorium telah diaktifkan dan ditambah kapasitasnya guna mempercepat tes dan cek spesimen yang telah diambil.

"60 laboratorium kita aktifkan dengan kapasitas yang ditingkatkan untuk cek spesimen yang kita ambil dari rumah sakit," kata dia.

Ia mengatakan pihaknya telah mendistribusikan 790.000 alat pelindung diri (APD) kepada tenaga medis. "790.000 APD yang didistribusikan berkualitas bagus, medical grade telah kita distribusikan ke tenaga medis dengan penggunaan sesuai SOP di layanan kesehatan," pungkas Yuri.
Pewarta :
Editor: Eka Arifa
COPYRIGHT © ANTARA 2024