Persediaan darah di PMI Yogyakarta tinggal tersisa 25 persen

id PMI,persediaan darah,donor darah,menipis

Persediaan darah di PMI Yogyakarta tinggal tersisa 25 persen

Pimpinan PMI Kota Yogyakarta Lilik Kurniawan (Eka AR)

Yogyakarta (ANTARA) - Persediaan darah di PMI Kota Yogyakarta semakin menipis dan rata-rata tersisa sekitar 25 persen dari kondisi saat normal yang disebabkan berkurangnya kegiatan donor darah massal serta pendonor yang datang ke PMI, akibat wabah COVID-19.

“Sejak dua pekan lalu, persediaan darah di PMI Kota Yogyakarta mulai berkurang tetapi masih dalam batas aman. Tetapi akhir-akhir ini semakin berkurang dan hanya tersisa sekitar 25 persen saja,” kata Pimpinan PMI Kota Yogyakarta Lilik Kurniawan di Yogyakarta, Rabu.
 

Menurut dia, PMI Kota Yogyakarta harus selalu memiliki persediaan darah yang cukup karena kebutuhan darah tidak mengalami penurunan meskipun saat ini berada di tengah pandemi COVID-19.

“Oleh karenanya, dibutuhkan bantuan dari masyarakat untuk tetap melakukan donor darah ke PMI. Kami menerapkan protokol kesehatan yang ekstra ketat untuk mencegah potensi penularan virus corona,” katanya.
 

Protokol kesehatan tersebut di antaranya, selalu mengganti peralatan untuk tiap pendonor seperti “handscoon” dan menerapkan tingkat kehati-hatian yang tinggi sehingga pendonor tidak perlu khawatir untuk melakukan donor darah. Setiap pendonor juga akan memperoleh makanan dan masker gratis.

Saat ini, lanjut Lilik, PMI Kota Yogyakarta cukup kesulitan jika harus menggelar kegiatan donor darah massal karena akan melibatkan massa dalam jumlah banyak sehingga sulit untuk menerapkan aturan “physical distancing” guna mencegah penyebaran virus corona.
 

Meskipun demikian, lanjut dia, PMI Kota Yogyakarta siap melakukan jemput bola apabila di suatu lokasi terdapat 10 orang yang siap melakukan donor darah.

“Kami juga berterima kasih kepada seluruh anggota TNI dan Polri yang sudah ikut membantu PMI untuk mengamankan persediaan darah dengan menjadi pendonor,” katanya.

Kegiatan donor darah dari anggota TNI dan Polri dari Polda DIY, Polresta Yogyakarta, Korem 072 Pamungkas, Kodim 0734 Yogyakarta serta Yonif 403 tersebut digelar awal April 2020.

Sedangkan untuk masyarakat, PMI Kota Yogyakarta juga menerjunkan relawan ke seluruh kecamatan untuk melakukan penyemprotan disinfektan secara berkala, bahkan melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh Kota Yogyakarta.
 

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024